Rabu, 02 Januari 2013

Wagah Border Ceremony - Upacara Bendera Yang Bikin Ngakak

posted by: Dunia Andromeda
Loading image...
Wagah Border Ceremony atau juga disebut Upacara Penurunan Bendera di daerah Wagah merupakan upacara kemiliteran yang dilakukan setiap hari di daerah Wagah. Wagah sendiri adalah suatu daerah di perbatasan India dan Pakistan, dimana disana hanya ada 1 jalan yang menghubungkan 2 negara, tepatnya di antara kota Amritsar (India) dan Lahore (Pakistan). Sebagaimana diketahui bahwa India dan Pakistan sering terlibat bentrok yang disebabkan perebutan batas wilayah negara. Begitu pula di Wagah, daerah ini pun diperebutkan oleh 2 negara tersebut. Sehingga disana didirikan perbatasan berupa gerbang berpintukan pagar besi di sisi masing-masing negara dan tepat di atasnya dikibarkan bendera India dan Pakistan. Setiap hari sebelum matahari terbenam, bendera 2 negara tersebut diturunkan bersamaan dengan prosesi atau upacara yang unik.
Wagah Border Ceremony sendiri mulai dilakukan pada tahun 1959. Sebelum upacara dimulai, bendera dinaikkan dan dikibarkan bersamaan di sisi masing-masing negara. Kemudian upacara yang dikawal ketat pasukan bersenjata ini dimulai dengan barisan tentara masing-masing negara yang berbaris menuju gerbang dengan (sepertinya) sangat terburu-buru (dan marah). Oh ya perlu diberitahukan sedikit, pada upacara ini tidak ada yang namanya gerakan sopan dan penuh hormat apalagi tentara yang tersenyum, adanya gerakan-gerakan yang menghentak-hentak, sedikit menantang dan berbau provokatif (liat aja sendiri videonya). Setelah selesai mengatur barisan, gerbang masing-masing negara dibuka dan 1 orang tentara masing-masing negara bertemu dan memberi salam (jangan harap salamnya sopan ya). Kemudian gerbang pun ditutup kembali dengan kasar pastinya. Setelah pasukan 2 negara mengatur kembali barisannya, gerbang kembali dibuka dan beberapa tentara masing-masing negara melakukan demonstrasi dengan gerakan-gerakan yang cendrung memprovokasi. Kemudian 1 tentara masing-masing negara maju dan menyampaikan sepatah dua patah “kata sambutan” ke negara sebelah, diikuti dengan penurunan bendera oleh pasukan masing-masing negara. Bendera-bendera tersebut akan dikibarkan dan diturunkan kembali keesokan harinya pada upacara yang sama.

Uniknya prosesi upacara ini membuat baik warga masing-masing negara maupun wisatawan yang mungkin kebetulan berada di daerah tersebut memenuhi sekitar area upacara, di sisi India maupun Pakistan. Para penonton pun sesekali meneriakkan ucapan-ucapan yang mengunggulkan negaranya masing-masing, seperti “Pakistan Hebat”, “Dewa memberkati India”, atau “Bendera kami berkibar lebih tinggi”. Dan apabila melihat videonya, TS jamin pasti tersenyum dengan gerakan-gerakan pasukan yang mungkin hanya ada di upacara ini….Wagah Border Ceremony



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...