Selasa, 13 November 2012

Swumanoid : Robot Pintar Si Penjaga Pantai

posted by: Dunia Andromeda
Dimasa depan, seperti yang terlihat dari beragam film science fiction, bukan hal mustahil penggunaan robot akan menggantikan tenaga manusia. Bahkan di dunia industri hal ini sudah lama dilakukan, penggunaan robot atau mesin dipilih agar menghemat biaya produksi. Karena mesin bisa bekerja secara konstan sesuai setting, berbeda dengan manusia. Tak hanya itu, kini eksistensi robot tak hanya sebatas di dunia industri. Berbagai penelitian telah memungkinkan robot menjadi teknologi serbaguna, salah satunya robot ini.

Sekelompok peneliti di Tokyo Institute of Technology, Jepang, telah membuat sebuah robot yang bisa dijadikan penjaga pantai. Karena robot ini bisa bergerak layaknya perenang. Robot yang dinamakan Swumanoid mampu berenang dengan kecepatan 0,64 meter per detik dengan gaya bebas, sepertiga dari kecepatan manusia. Robot ini bahkan bisa berenang dengan gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Tujuan pertama dari pembuatan robot ini adalah untuk mengukur energi yang keluar dari perenang.


Teknisi mengembangkan tubuh robot dengan menggunakan pemindai tiga dimensi untuk atlet Olimpiade, sebelum membuat dalam versi plastik yang diproduksi dalam berbagai ukuran. Namun para peneliti menyadari bahwa Swumanoid belum bisa sepenuhnya menggantikan manusia, faktor daya tahan dan waterproofing (kedap air) masih perlu sejumlah perbaikan dalam pengembangan robot ini. Kedepannya, mereka akan menggunakan mesin yang lebih besar agar menghasilkan tenaga yang sesuai dengan kebutuhan.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...