Selasa, 27 November 2012

Jawaban Buat Anak Bila Melihat Anda Berhubungan Intim

posted by: Dunia Andromeda
Jangan bereaksi marah atau heboh atau pura-pura tidak terjadi apa pun. Inilah masalah semua orangtua yang mungkin jarang Anda bahas. Ya, seksualitas sering kali bukanlah sekadar memberikan pelajaran atau pengetahuan tentang perbedaan jenis kelamin kepada anak. Seksualitas menjadi harus dibicarakan ketika si kecil tanpa sengaja memergoki Anda sedang berhubungan intim dengan suami.

Kemungkinan masalah ini terjadi sangat besar terutama dengan sistem rumah masa kini yang minimalis dan kecil. Anda dan pasangan pasti akan sangat sulit menemukan waktu yang tenang untuk bermesraan, dan ketika saat itu tiba, bisa jadi si kecil terbangun dan masuk ke kamar Anda.


Nah, jika hal itu terjadi, apa yang harus Anda lakukan? Pertama-tama, minta maaf mereka berada dalam situasi yang seharusnya sangat privat di antara orangtua,â?? kata Dr. Richard Horowitz, konsultan keluarga dan penulis buku Family Centered Parenting. Usahakan supaya anak tidak merasa bersalah atau tidak enak karena telah melihat hal yang rahasia.


Sebagai orangtua, sering kali reaksi kita antara mengabaikan atau terlalu heboh. Mengabaikan atau terlalu heboh reaksi kita, malah akan menyampaikan kesan pada anak bahwa yang mereka lihat itu salah sekali sehingga Anda tidak membahasnya sama sekali. Respon seperti ini akan membuat anak Anda bingung dan malu, ujar Maureen Clancy, penulis buku The Super Soothing Companion.


Horowitz menganjurkan orangtua untuk menjelaskan bahwa apa yang telah anak lihat adalah ekspresi cinta orang dewasa. â??Akan lebih mudah jika sebelumnya telah ada diskusi tentang perihal seksualitas dengan anak,â?? kata Horowitz.


Horowitz menganjurkan jika yang melihat Anda adalah anak Anda yang telah remaja, ucapan minta maaf yang sederhana saja sudah cukup.Tingkat kejadian detail yang mereka lihat juga perlu untuk dijadikan pembahasan. Clancy menyarankan mulailah dengan mengetahui seberapa jauh yang telah mereka lihat.


Untuk anak-anak yang lebih kecil, cukup bilang seperti ini 

Pertama aku ingin kamu tahu bahwa kamu tidak melakukan kesalahan. Kami baru saja mengalami hal yang spesial yang sangat berarti bagi kami.Kemudian tanyakan hal apa yang mereka lihat yang membuat mereka bingung, dan jawablah dengan jujur sebisa Anda, dengan menggunakan kata-kata yang bisa mereka pahami,kata Clancy.


Dengan adanya kejadian ini, Clancy menyarakan inilah saat yang tepat untuk menciptakan kadar privacy dalam keluarga Anda.Bagaimana jika Anda mulai menciptakan peraturan baru. Misalnya jika anak melihat pintu kamar orangtuanya tertutup, harus mengetuk pintu dulu dan minta izin dulu untuk masuk. Biasanyaanak akan menerima hal ini, kata Clancy. Dengan hal ini, anak akan memahami bahwa siapa pun berhak memiliki saat-saat khusus dan privat, tidak hanya orangtuanya


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...