Kamis, 03 Januari 2013

Hotel Ini Menggunakan Smartphone Sebagai Kunci Kamar

posted by: Dunia Andromeda
Jangan sampai kunci hotel ini hilang. Sebuah hotel bisnis di Seoul, Korea Selatan, mulai mengunakan smartphone (ponsel pintar) sebagai kunci hotel.

Dengan kunci ini, tamu bisa mengakses internet serta mengatur pencahayaan kamar, televisi, dan suhu kamar. Hotel Skypark Central yang berada di pusat bisnis Seoul meluncurkan layanan smart-key (kunci pintar) pada Rabu (26/12/2012) yang lalu.

Pihak hotel pun menganti sistem kunci dan pengaturan kamar di sejumlah 16 kamar milih hotel ini. Tamu menerima smartphone saat mereka check-in di resepsionis.

"Ini nyaman untuk tamu. Mereka juga bisa mengatur kamar dari luar hotel. Misalnya, saat musim dingin, mereka bisa mengatur kamar agar lebih panas sebelum mereka sampai di hotel," kata Dong-hui Lim, perwakilan bagian hubungan masyarakat untuk LG CNS, selaku penyedia teknologi layanan smart-key tersebut.

Walaupun beberapa hotel di seluruh dunia telah menempatkan tablet di kamar dengan fitur pengatur kamar yang serupa, LG CNS dan Hotel Skypark Central mengatakan ini pertama kalinya di dunia, teknologi tersebut dipakai di sebuah hotel.

Rencananya, pihak jaringan hotel akan menggunakan layanan yang sama pada dua hotel lainnya yang akan buka dalam waktu dekat.

"Sebelumnya kami memberlakukan periode percobaan yang singat sebelum secara resmi meluncurkan layanan tersebut, dan para pengguna sangat menyukainya. Mereka merasa layanan tersebut sangat berguna," kata Bagian Pemasaran Hotel Skypark Central Woo Hye-yeon.

Sementara itu, fitur telepon tidak bisa digunakan pada smart-key. Namun, fitur wifi disediakan oleh pihak hotel tanpa tambahan biaya. Ke depan, pihak hotel kemungkinan dapat mengunduh aplikasi pada smartphone milik tamu pribadi untuk dapat menggunakan layanan smart-key tersebut, tanpa menggunakan smartphone milik hotel.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...