Jumat, 15 Juni 2012

Manipulasi Sejarah Oleh Uni Soviet (No Photoshop)

posted by: Dunia Andromeda
Loading image...



Sebuah negara komunis pemerintahannya sarat dengan propaganda. Propaganda tersebut adalah sebagai sarana mencuci otak.

Pada zaman kejayaannya, Uni Soviet adalah negara komunis yang paling jago berpropaganda. Dan penulisan berita dan sejarah tak luput dari manipulasi pemerintahnya. Hal ini didukung oleh teknologi duniaandromedaku.blogspot.com mereka yang sudah maju sejak zaman dahulu. Mengapa teknologi komunis bisa maju? Karena komunis tidak suka beromong kosong.

Inilah "manipulasi" propaganda (sejarah) yang dilakukan oleh pemerintah komunis Uni Soviet melalui foto-foto. Sebagai catatan, pada masa itu belum ada yang namanya software editing foto "Adobe Photoshop" dan sejenisnya. Mari kita simak foto-foto berikut.
   

Pada gambar diatas, Joseph Stalin dan para para kameradnya beserta Nikolai Yezhov (Kepala Dinas Polisi Rahasia Soviet) yang nampak berwajah innocent (kanan) berjalan-jalan. Lihat perubahannya saat duniaandromedaku.blogspot.com mereka merekonstruksi background foto tersebut (air). Foto yang sebelah kanan yang dirilis resmi. Lalu mana Yezhov?Dia dihilangkan karena dianggap 'merusak' pemandangan karena dia dieksekusi karena "dipaksa mengakui kejahatannya terhadap Stalin dan Uni Soviet".


Foto diatas adalah foto Stalin bersama para petinggi-petinggi komunis Uni Soviet yang lain. Foto atas merupakan foto aslinya. Lalu kemana dua orang yang diberi tanda panah? Konon mereka dijatuhi hukuman mati.



Foto diatas diambil pada masa awal Revolusi Rusia untuk menggulingkan pemerintahan Kaisar Tsar Nicholas (yang putrinya bernama Anastasia amat terkenal). Ada keanehan dalam kedua gambar diatas. Pemerintah duniaandromedaku.blogspot.com komunis Soviet, mengganti papan nama toko "Jam Emas dan Perak" dengan "Perjuangan Membuahkan Kemerdekaan". Dan bendera yang aslinya berwarna merah khas komunis, diubah menjadi bertulisan "Runtuhlah Kekaisaran".



Ini adalah foto Vladimir Lenin sedang berpidato kepada rakyat di alun-alun Moskow. Pemerintah Komunis berpendapat bahwa para pendengar pidatonya terlalu sedikit (ini tidak baik untuk propaganda komunis), maka mereka menyuruh untuk "menambahkan" pendengarnya duniaandromedaku.blogspot.com sebelum diserahkan kepada surat kabar untuk dipublikasikan. Dalam negara komunis, semua media massa berada dalam kontrol ketat pemerintah, oleh karena itu media massa tidak ada yang berani berbuat "macam-macam".

Dan ketika pada tahun 1969, Uni Soviet menuduh Amerika Serikat bahwa gambar foto dan video Astronot Neil Armstrong di bulan adalah palsu (mereka menuduh gambar itu adalah manipulasi dan dibuat di studio) dengan argumen bahwa "mana mungkin di angkasa luar bendera (Amerika) bisa berkibar) karena tidak ada angin (angkasa luar itu hampa udara)", dan mengklaim bahwa Kosmonot (astronot) merekalah yang bernama Yuri Gagarin yang benar-benar menginjakkan kakinya di Bulan. Seharusnya mereka duniaandromedaku.blogspot.com menyadari bahwa sebelum menuduh, mereka telah mempropaganda dan memanipulasi secara keji seperti yang terlihat pada foto-foto tersebut di atas.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...