Jumat, 29 Juni 2012

Pengertian Genre Dalam Film ! Tahukah Kamu ??

posted by: Dunia Andromeda
Genre Film

Apakah yang dimaksud dengan Genre? Apakah pengertian Genre? dan bagaimana fungsi Genre? 
Genre berasal dari bahasa Perancis yang bermakna “bentuk” atau “tipe”. 
Di dalam film, genre dapat didefinisikan sebagai jenis atau klasifikasi dari sekelompok film yang memiliki karakter atau pola yang sama (khas) seperti setting, isi, dan subyek cerita, tema, struktur cerita, aksi, atau peristiwa, periode, gaya, situasi, ikon, mood, serta karakter. 

Dari klasifikasi tersebut, dapat dihasilkan genre-genre film popular seperti aksi, petualangan, drama, komedi, horor, western, film noir, roman, dan sebagainya (Pratista, 2008). 

Genre juga merupakan sebuah kategori semiotik karena di dalamnya terdapat kode-kode dan konvensi-konvensi yang dimiliki oleh film-film dalam sebuah genre yang sama. Misalnya, unsur-unsur seperti lokasi, gaya , dan mise en scene (artikulasi ruang semantik, atau rangkaian penataan performer. 

Tujuannya untuk menimbulkan efek dramatis tertentu) yang seluruhnya merupakan bagian dari sistem terkode yang dapat diidentifikasi melalui analisis semiotik. (Stokes, 2007). Fungsi utama dari genre adalah untuk memudahkan klasifikasi sebuah film. 

Genre juga dapat membantu kita dalam memilih film-film tersebut sesuai dengan spesifikasinya. Industri film sendiri sering menggunakan genre sebagai strategi marketing. 

Genre apa yang saat ini menjadi tren, menjadi tolok ukur film yang akan diproduksi. Selain untuk klasifikasi, genre juga dapat berfungsi sebagai antisipasi penonton terhadap film yang akan ditonton. Jika seorang penonton telah memutuskan untuk melihat sebuah film bergenre tertentu, maka sebelumnya ia telah mendapatkan gambaran umum di kepalanya tentang film yang akan ia tonton.
Misalnya jika kita ingin mendapatkan hiburan, umumnya kita memilih film bergenre komedi atau aksi (Pratista, 2008). Dengan kata lain, film-film mampu mengeksploitasi pengharapan-pengharapan yang membawa kita pada suasana hati yang kita harapkan dengan cepat. 

Klasifikasi-klasifikasi genre membantu kita mengetahui apa yang dapat kita harapkan dari film; film-film itu juga menggunakan lelucon-lelucon atau rujukan-rujukan “internal” yang hanya akan dipahami oleh khalayak yang telah akrab dengan genre tersebut.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...