Jumat, 22 Juni 2012

Mengapa Gajah Hamil Hampir 2 Tahun ?

posted by: Dunia Andromeda

Misteri dari kehamilan gajah yang memakan waktu lama akhirnya dipecahkan oleh ilmuan.Ketika di dalam rahim selama hampir dua tahun gajah diberikan kekuatan otak yang dibutuhkan untuk bertahan hidup sejak lahir.

Penelitian yang terperinci dalam Proceedings of Royal Society B, akan membantu program pengembangbiakan gajah  di kebun binatang.Penelitian ini juga dapat mengarah pada pengembangan kontrasepsi untuk mengendalikan populasi liar gajah di Afrika.

Dr Imke Lueders, dari Institut Liebniz dari Zoo and Wildlife Research di Berlin, Jerman, mengatakan kepada BBC News: "Hal ini sangat penting untuk mempelajari reproduksi gajah.

"Peningkatan pengetahuan yang kita diperoleh melalui penelitian ini dapat membantu perkembangbiakan gajah di masa depan karena kita memiliki gagasan tentang bagaimana memelihara kehamilan."

Gajah Lahir dengan Otak yang Baik
Gajah Lahir dengan Otak yang Baik

Gajah adalah hewan mamalia yang sangat ramah dengan tingkat tinggi intelijen mirip dengan kera besar dan lumba-lumba.Mereka memiliki periode terpanjang kehamilan dibandingkan dengan hewan apapun, berlangsung hingga 680 hari.

Gajah dilahirkan dengan perkembangan otak yang baik, yang mereka gunakan untuk mengenali struktur sosial yang kompleks dari kawanan dan untuk mencari makan sendiri dengan belalai mereka tangkas.Sampai saat ini, proses biologis di balik kehamilan maraton mamalia belum sepenuhnya dipahami.

Tapi munculnya metode USG canggih telah memberikan para ilmuwan hewan alat baru untuk memantau duniaandromedaku.blogspot.com kehamilan gajah secara lebih rinci, karena mereka berusaha untuk meningkatkan program perkembangbiakan di kebun binatang, termasuk gajah IVF.

Tujuh belas gajah Afrika dan Asia di kebun binatang di Inggris, Kanada, Amerika Serikat, Australia dan Jerman, termasuk ZSL Whipsnade dan Twycross Zoo, diperiksa dalam penelitian ini.

Penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of Royal Society B, menunjukkan gajah memiliki siklus unik dari ovulasi.Dr Lueders mengatakan kehamilan diperpanjang "karena mekanisme hormonal novel, yang belum tergambar dalam spesies lain dari binatang".
 Anak Gajah Perlu Pembentukan Alami yang Komples untuk dapat bertahan hidup
Anak Gajah Perlu Pembentukan Alami yang Komples untuk dapat bertahan hidup

Ovulasi dipicu oleh dua lonjakan hormon LH reproduksi (luteinising hormon), sedangkan kehamilan dipertahankan oleh hormon yang disekresi oleh beberapa badan ovarium yang dikenal sebagai corpus lutea.

Pengetahuan ini akan membantu upaya konservasi untuk membantu gajah di alam liar, serta di kebun binatang.Dr Dennis Schmitt adalah Direktur Riset dan Konservasi di Pusat Konservasi Gajah, mengatur untuk menjaga masa depan gajah Asia.

Mengomentari penelitian, ia duniaandromedaku.blogspot.com berkata: "Tidak hanya merupakan kehamilan yang lama gajah yang tidak biasa (22 bulan), namun interval kelahiran panjang (4-5 tahun) bersama dengan interval yang panjang antar generasi gajah (rata-rata sekitar 20 tahun), mempersulit upaya untuk mencegah penurunan populasi gajah. "

Penelitian ini juga dapat membantu ilmuwan mengembangkan kontrasepsi untuk gajah. [hds/bbc]


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...