Jumat, 15 Juni 2012

Lihat Metamorfosis Dan Bersyukurlah !

posted by: Dunia Andromeda
"Metamorfosis"Pasti-nya kalian semua sudah tahu apa arti dari metamorfosis. Tetapi saya akan mengulas beberapa hal yang dapat kita jadikan pelajaran dari proses metamorfosis tersebut. Sebelum membaca tulisan saya selanjut-nya, sementara mari kita nikmati keindahan sang kupu-kupu di bawah ini. Semoga dengan lama-lama anda memandang kupu-kupu bisa mendatangkan efek positif untuk hati anda.
Sumber foto : google




 


 


 

Sudah puas anda memandang..?? mari kita lanjutkan.

Proses metamorfosis tentu-nya berasal dari se-ekor ulat yang menjijikan yang akan membuat kalian yang tidak suka ulat akan merasa geli untuk melihatnya. Jangankan anda menyentuh-nya melihat saja seperti-nya sudah begitu mengganggu  rasa nyaman anda. Tetapi lain hal-nya jika se-ekor ulat tersebut telah berubah bentuk menjadi kupu-kupu yang cantik, maka siapakah orang-nya yang tidak kagum dengan keindahan-nya.


Tetapi di balik proses sebelum tampak keindahan pada se-ekor kupu-kupu ternyata banyak sekali pelajaran bagi seorang manusia dari sang khalik.

Coba perhatikan dari awal proses-nya yang cukup panjang dari mulai kupu-kupu dewasa bertelur dan menjadi ulat ( larva ), telur yang baru menetas dan menjadi larva, maka si larva yang untuk pertama kalinya melihat dunia ia akan berjalan ke pinggir daun tumbuhan inang dan mulai memakan-nya atau kadang sebagian http://duniaandromedaku.blogspot.com/  larva memakan cangkang telur yang kosong sebagai makanan pertama-nya. Subhanallah..

Sejak kelahiran ke dunia larva tidak membutuhkan arahan orang tua-nya, tetapi dengan kuasa tuhan ia tahu apa yang harus ia lakukan.

Dan ketika se-ekor larva telah mencapai pertumbuhan maksimal maka ia akan berhenti makan dan mencari tempat perlindungan terdekat, melekatkan diri pada daun atau ranting dengan anyaman benang. Di saat itu larva memasuki fase prepupa dan untuk melepaskan kulit terakhir kali untuk berubah menjadi pupa ( kepompong ).


Fase pupa ini bisa di bilang seperti priode istirahat, padahal didalam kepompong ( pupa ) terjadi proses pembentukan serangga yang sempurna. Pembentukan kupu-kupu didalam pupa terjadi antara kurang lebih 7 sampai 20 hari, tergantung spesiesnya. Coba anda bayangkan se-ekor larva disaat masa fase pupa berada di dalam pupa itu sendiri tanpa makan selama kurun waktu di atas tadi, sedangkan manusia tidak makan sehari saja badan terasa lemas..


Setelah keluar dari pupa, kupu-kupu akan merangkak ke atas sehingga sayap-nya yang lemah, agak kusut dan basah akan menggantung kebawah, dan mengembang secara normal. Ini adalah proses yang kedua kali-nya se-ekor kupu-kupu melihat dunia dalam rupa yang berbeda. Jadi hanya kupu-kupu yang bisa lahir 2 kali kedunia.. hehe..


Segera setelah sayap mengering, mengembang nan kuat, sayap akan mengembang menutup beberapa kali dan melakukan percobaan untuk penerbangan yang pertama. Tapi penerbangan yang ini tanpa harus turun di bandara lho.. hehe.. 

Dan setelah dewasa kupu-kupu biasanya berprilaku seperti manusia yaitu memanfaatkan siang hari untuk beraktifitas mencari makan dan malam hari ia gunakan untuk beristirahat dengan berlindung di daun pepohonan.


Selanjutnya induk kupu-kupu akan bertelur kembali dan meletakan telur-ya pada tumbuhan inang-nya. Dan begitu selanjut-nya hingga banyaklah jumlah kupu-kupu yang menghiasi alam ini, siapapun yang memandang kupu-kupu hati-nya akan tenang karena keindahan-nya. Maka apakah anda semua tidak berfikir siapakah yang dapat memberi keindahan tersebut..??


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...