Rabu, 13 Juni 2012

12 Pilihan Kelas Tempat Duduk Di Pesawat

posted by: Dunia Andromeda
Kenyamanan dalam perbangan bukan hanya mampu membunuh kebosanan di udara. Ada juga yang melihatnya sebagai status sosial. Kenali kelasnya.



1. Ekonomi Standar

Layanan yang bisa ditemui di kelas ini, tentu juga entertain. Penerbangan United Trans-Pacific hanya menyediakan monitor statis. Tak ada monitor layar sentuh yang menawarkan beragam sajian tontonan.

Tempat duduk bisa dibaringkan? Jika naik Cathay Pacific, jangan harap. Jarak kaki juga jadi persoalan. Pada penerbangan dari dan ke Australia, Malaysian Airline serta Korean Air bisa memberikan ruang pada kaki sekitar 86 sentimeter. Tapi pada penerbangan murah, yang tersedia hanya 66 sentimeter.


2. Ekonomi Plus

Satu tingkat di atas Kelas Ekonomi Standar ini menyajikan ruang kaki sedikit lebih luas. Namun tetap tidak ada sekat antara satu kursi dengan lainnya. Selain itu, ada sedikit tambahan pada pemisah antarbaris tempat duduk. Tak ada lagi kelebihan lain.

Kelas ini pertama kali dipopulerkan oleh United Airlines. Kelas ini bisa dipesan secara khusus bagi konsumen yang tebang secara rutin. Atau, bicaralah dengan manis kepada staf yang mengatur kursi.

Jika ingin mencoba, penerbangan United Airlines yang ke Australia ada kelas ini. Begitu juga dengan Delta Airlines, tapi namanya menjadi 'Economy Comfort' dan Air New Zealand menyebutnya 'Space ++'.


3. Ekonomi Minus

Kalau di hotel di sebut kasur tambahan atau extra bed. Tapi di pesawat, ada kursi tambahan (extra seat). Tak hanya penerbangan murah seperti AirAsia X yang menyediakan, tapi juga ada penerbangan bereputasi seperti Air New Zealand, Emirates, KLM, atau Air France. 

Pesawat yang umum mereka gunakan adalah Boeing 777. Kursi keempat pada  baris tengah dipepetkan. Harga tiket yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan tersebut sama dengan  ekonomi reguler. Namun lebih sempit sedikit, sehingga banyak yang menghindari  untuk penerbangan jarak jauh.


4. Ekonomi Premium

Ini kelas tertinggi di kelompok ekonomi. Penumpang bisa menikmati kursi dan layanan lebih baik ketimbang kelas ekonomi. Begitu juga dengan makanan dan minuman yang disajikan.

Virgin Atlantic sudah melayani kelas ini sejak 1992. Begitu juga dengan British Airways yang memberikan layanan mirip Kelas Bisnis. 

Tapi secara internasional, layanan Qantas dan Virgin untuk kelas ini layak dipuji, karena lebih baik dibanding lainnya. Walaupun, Air New Zealwnd memberikan jarak tambahan 15 sentimeter pada ruang kaki. Pemain terakhir di kelas ini adalah Cathay Pacific.

5. Kelas Premium

Saat ini, jumlah penerbangan murah yang menawarkan kursi nyaman di pesawat penerbangan internasional makin banyak. Bukan di kelas bisnis, juga bukan ekonomi premium. 

Untuk makanan, tentu tidak istimewa. Jangan pula berharap ada tawaran champagne gratis setiap saat. Tapi jika penumpang ingin istirahat yang baik selama perjalanan atau berharap bisa sambil kerja, kelas ini sangat bermanfaat.

Unit usaha Singapore Airlines, Scoot yang memulai penerbangan ke Sidney dan Gold Coast, menawarkan layanan ini. Inilah bentuk tidak konsistennya layanan penerbangan murah, tapi menawarkan kelas premium.
 

6. Kelas Bisnis Domestik

Maskapai penerbangan Australia rata-rata menawarkan layanan kelas bisnis untuk tujuan domestik. Di kelas ini, kursi penumpang bisa disetel - tidak statis, makanan dan minuman lebih baik dibandingkan kelas ekonomi.

Bagi para penumpang yang membeli tiket di kelas bisnis domestik bakal mendapatkan fasilitas boarding prioritas. Tak perlu antre. Begitu juga dengan ruang tunggu bandara (lounge) yang nyaman serta kapasitas barang bawaan lebih banyak.

Kalau untuk penerbangan luar negeri, kelas ini bisa dianggap setara dengan kelas utama atau first class, seperti di Amerika dan negara-negara lain.


7. Kelas Eurobusiness

Rata-rata maskapai penerbangan di Eropa menawarkan kelas ini. Namun tanpa kursi malas (rileks) yang besar untuk 'menghargai' kelas ekonomi. Ukuran tempak kaki berpijak diberikan lebih luas, dan menariknya, kursi tengahnya di non-aktifkan, sehingga tak perlu khawatir saling rebutan sandaran tangan.

Di Eropa, kelas seperti ini disebut model "Eurobusiness". 

Penerbangan di Australia juga menyediakan model seperti ini, walaupun namanya berbeda. Seperti Qantas, menyediakan 'tempat duduk yang nyaman' untuk beberapa rute. Atau, Virgin Airlines dengan nama Virgin Blue premium Economy.


8. Kelas Bisnis Regional

Di wilayah Asia Pasifik, banyak sekali maskapai penerbangan yang menawarkan kelas bisnis untuk rute-rute pendek. Atau, di wilayah yang tidak ada standar kompetisi kelas bisnis internasonal.

Itulah yang sangat disayangkan. Tidak ada standar tetap untuk kelas bisnis regional. Bahkan Singapore Airlines yang terbang ke Australia pun bisa menawarkan tiga model berbeda dengan tiga pesawat tak sama untuk kelas ini.


9. Kelas Bisnis Internasional

Dibandingkan kursi "first class" pada 20 tahun silam, jelas kelas ini jauh lebih nyaman. Standar emas untuk penerbangan internasional yang menyediakan tempat tidur nyaman.

Ada banyak ragam tawaran kelas bisnis internasional, tapi satu yang tak berbeda: Jika penumpang tidak bisa menimkati posisi hosirsontal seperti berbaring, itu artinya tidak bisa memaksimalkan tiket kelas bisnis internasional yang sudah dibayar. Sebab itulah kelebihan yang ditawarkan.


10. Kelas "All-business"

Seluruh kelas dalam pesawat adalah kelas bisnis. Kabinnya tidak berisik. Pesawatnya pun ada juga yang kecil, seperti digunakan British Airways untuk rute London-New York. Tapi Singapore Airlines menawarkan dengan pesawat besar, yaitu Airbus A380.

Apa pun pesawatnya, kenyamanan penumpang adalah yang utama di sini. Daya redam suara pesawatnya sangat nyaman untuk telinga, boarding yang lebih cepat, begitu juga kendaraan yang menuju badan pesawat. Bahkan urusan imigrasi, bea-cukai, maupun bagasi, dapat layanan istimewa.


11. Kelas Utama (First Class)

Jika naik pesawat jenis Boeing 747, tempat kelas utama biasanya ada di bagian moncong pesawat. Paling depan di antara penumpang lainnya.

Layanan utama bisa didapatkan penumpang di kelas ini. Ketika suara pesawat tidak banyak memberikan gangguan, gelas champagne bisa tersisi. Gratis dan tanpa batas. Belum lagi makanannya yang jelas lebih menarik dibandingkan kelas lain. Mengantuk? Penumpang bisa mimpi indah dengan tempat tidur nyaman di kelas utama.

Kelas ini mulai marak sejak 10 tahun silam. Qantas, Air New Zealand ikut menawarkan kelas utama untuk para pebisnis penting. Begitu juga dengan penerbangan Virgin Airlines, Australia. Di penerbangan Eropa, kelas ini bisa dinikmati juga pada pesawat milik Lufthansa dan British Airways.


12. Kelas Suit: Di atas segala-galanya

Pemicunya adalah Airbus A380 yang berbadan besar dan bertingkat. Ada ruang pribadi (suit): kabin kecil milik penumpang di udara. Maskapai penerbangan Emirate menawarkan kelas ini.

Kelas premium tidak sekadar menawarkan kenyamanan, tetapi juga kemewahan. Kabin kecil itu dilengkapi dengan minibar, pemanas dan pendiringn ruangan, termasuk ruang entertain seperti musik.

Singapore Airlines dan Etihad juga menyediakan kelas yang menawarkan kemewahan dan sangat personal itu.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...