Senin, 11 Juni 2012

Fish Spa Menjadi Sarana Penularan Penyakit

posted by: Dunia Andromeda
"Fish Spa Menjadi Sarana Penularan Penyakit"

Peneliti mengatakan bahwa spa ikan atau fish spa bisa menjadi sarana penularan penyakit berbahaya. Di mana ikan Garra Rufa tersebut akan menggigiti kulit-kulit mati dari kaki para pengguna spa.
Selain itu, kolam untuk spa ikan diduga mengandung banyak mikroorganisme yang mungkin akan merugikan kesehatan. Jadi penularan bakteri bisa melalui air spa atau melalui ikan Garra Rufa itu sendiri.
Bayangkan saja, ketika seseorang yang terinfeksi HIV atau hepatitis memiliki luka di kaki lalu menggunakan spa ikan, tentu saja virus-virus penyakit berbahaya tersebut bisa ditularkan kepada orang lain.
Penelitian ini dilakukan mengingat begitu banyaknya spa ikan dan meningkatnya peminat terhadap spa yang satu ini. Namun masyarakat tidak perlu terlalu cemas. Health Protection Agency (HPA)  mengatakan bahwa bila salon atau tempat spa ikan mengikuti prosedur kebersihan dengan tepat, maka kemungkinan penularan penyakit seperti HIV atau hepatitis tentunya akan sangat rendah.
Di Asia, spa ikan memang populer dan sangat diminati. Namun Amerika Serikat, termasuk Florida, Texas, New Hampshire, dan Washington, telah melarang adanya spa ikan karena khawatir adanya penularan infeksi. Namun di Inggris masih ada sekitar 280 tempat spa ikan.
“Setiap salon harus memeriksa pelanggan mereka, apakah mereka memiliki penyakit yang beresiko menular atau tidak. Salon juga harus memeriksa kondisi kaki para pelanggan untuk memastikan tidak ada luka,” kata Dr. Hilary Kirkbride, konsultan ahli epidemiologi di HPA.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...