Senin, 18 Juni 2012

Lagi ! Malaysia Klaim Tari Tor-Tor Sebagai Miliknya

posted by: Dunia Andromeda
Malaysia Klaim Tari Tor-tor Mandailing sebagai Miliknya



Lagi lagi malaysia berusaha mengklaim kebudayan milik indonesia kali ini Tari Tor Tor yang berasal dari Mandailing, Sumatera Utara dikalaim oleh negara Malaysia sebagai warisan budaya negara Malaysia.
Menurut kantor berita Malaysia Bernama melaporkan bahwa  Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Datuk Seri Rais Yatim akan mendaftarkan Tari Tor Tor an alat musik Gondang Sambilan (Sembilan Gendang)  dalam Seksyen 67 Akta Warisan Kebangsaan 2005.
“Tetapi (pengiktirafan ini) dengan syarat, pertunjukan berkala mesti ditunjukkan, bermakna tarian mestilah ditunjukkan, paluan gendang dipelbagaikan dalam pertunjukan di khalayak ramai,” kata Rais dalam acara peresmian Perhimpunan Anak-Anak Mandailing di Kuala Lumpur sebagaimana diberitakan situs Bernama, Kamis (14/6/2012).
Seprti yang kita ketahui Tari Tor Tor merupakan tarian khas Masyarakat Sumatera Utara sebagai salah satu bagian dalam upacara-upacara adat untuk menghormati para leluhur. Sedangkan Suku Mandailing merupakan salah satu suku di Sumatera Utara yang berada di wilayah Indonesia. Seharusnya pemerintah malaysia harus bisa menghargai dari mana asal usul Tarian tersebut tiba ke Malaysia dan jangan asal mengklaim bahwa tarian tersebut asli dari Negara Malaysia.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...