Rabu, 23 Mei 2012

Stop Selingkuh Kalau Ingin Sehat & Panjang Umur

posted by: Dunia Andromeda
Loading image...

Perselingkuhan tak hanya buruk bagi hubungan cinta dan pernikahan, tapi juga kesehatan jantung pelakunya. Sebuah studi menunjukkan bahwa pria yang mengkhianati istri mereka mengambil risiko mati mendadak karena serangan jantung. 

Peringatan datang dari peneliti Italia yang mengkaji studi sebelumnya tentang penyebab perselingkuhan dan dampaknya. "Kematian mendadak terkait dengan hubungan intim (sudden coital death) akan jauh lebih umum ketika seorang pria bertemu wanita simpanannya daripada ketika ia bersama istrinya," demikian kesimpulan penelitian tersebut.

Para peneliti tidak yakin mengapa, tapi mengajukan berbagai alasan, termasuk hati nurani yang bersalah. Penulis review ini, dari University of Florence, mulai dengan menjelajahi literatur medis untuk makalah penelitian, dengan menelusur kata-kata termasuk ketidaksetiaan, perselingkuhan dalam pernikahan, selingkuh, dan pria.

Temuannya memberikan informasi tentang jenis pria yang tidak setia dan konsekuensi potensialnya.

Hasil analisis menunjukkan bahwa serangan jantung, termasuk yang fatal, relatif jarang ketika seorang pria berhubungan seks dengan istrinya di rumah. Tapi ketika ia melakukannya dengan pasangan selingkuhnya, ancaman itu mengintai.

Sebelumnya, hasil penelitian yang dihajat ilmuwan Jerman menunjukkan bahwa kebanyakan pria yang meninggal dunia saat berhubungan seks adalah pria yang berselingkuh. Atau setidaknya jauh dari rumah keluarga.

Penyumbatan arteri disalahkan untuk lebih dari sepertiga kematian ini. Tuntutan fisik selama aktivitas bercinta dikatakan menjadi penyebab plak lemak yang telah dibangun di dalam arteri pecah. "Serangan jantung adalah penyebab kematian terbesar berikutnya," tulis studi yang dipublikasi dalam Journal of Sexual Medicine ini. Minum minuman keras, makanan, dan memuaskan seorang wanita yang mungkin lebih muda dari istri pria itu juga mungkin berperan. 

"Perselingkuhan dalam perkawinan biasanya melibatkan wanita yang lebih muda dari pasangan primer dan seks mungkin terjadi lebih sering disertai minum dan makan yang berlebihan," kata peneliti, Dr. Alessandra Fisher. "Ada kemungkinan hubungan seksual rahasia dalam suasana asing secara signifikan dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, yang menyebabkan kebutuhan oksigen meningkat."

Rasa bersalah juga mungkin memainkan peran. "Mengkhianati pasangan bisa menghukumnya," kata Dr. Fisher.

Ikhtisar lain penelitiannya menunjukkan bahwa dalam satu tahun 4 persen pria yang sudah menikah berselingkuh. Selama hidup mereka, ada kemungkinan 50-50 pria ingin berselingkuh.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...