Minggu, 27 Mei 2012

NARASI KESESATAN MASA LALU DI LAUT MATI

posted by: Dunia Andromeda

Laut Mati punya sejuta misteri. Hingga saat ini penelitian soal asal mula terbentuknya laut mati masih terus dijalankan oleh para ahli. Memang banyak sekali sifat-sifat istimewa Laut Mati yang tidak dimiliki oleh perairan lain di dunia ini. Kondisi ini mengundang rasa penasaran para ilmuwan untuk menyelami berbagai misteri yang ada di balik terbentuknya Laut Mati.

Selain dari pendekatan ilmiah, agama juga punya penjelasan soal awal mula terbentuknya Laut Mati ini. Mengingat lautnya tidak sebesar lautan lain di dunia ini, dan posisinya terkurung daratan, sebagian orang menyebutnya Danau Mati. Tidak seperti di laut yang lain, Laut Mati ini tidak memiliki ombak besar. Yang ada hanya riak-riak kecil yang muncul di tepian Laut Mati.

Dalam agama Islam, penjelasan soal Laut Mati ini terdapat dalam Kitab Suci Alquran Surat Al Hijr ayat 71-72. Terjemahannya kurang lebih seperti ini, "Luth berkata: Inilah puteri-puteri (negeri)ku (Kawinlah dengan mereka) jika kamu hendak berbuat (secara halal)." (Allah berfirman): "Demi umurmu (Muhammad) sesungguhnya mereka terombang- ambing di dalam kemabukkan (kesesatan)." Maka mereka dibinasakan oleh suara keras yang mengguntur, ketika matahari terbit. Maka Kami jadikan bahagian atas kota itu terbalik ke bawah dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang keras. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Kami) bagi orang-orang yang memperhatikan tanda-tanda. Dan sesungguhnya kota itu terdapat di jalan yang masih dilalui manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang beriman."

Kurang lebih, agama yang lain juga punya penjelasan yang sama soal terbentuknya Laut Mati ini. Perairan ini terbentuk akibat terbaliknya sebuah wilayah yang oleh beberapa ahli disebutkan sebagai wilayah Sodom dan Gomora. Wilayah ini beribu tahun sebelum masehi ditempati kaum Nabi Luth yang punya perilaku menyimpang. Mereka menyukai sesama jenis. Hal ini kemudian menghadirkan musibah berupa dibaliknya kota tersebut yang kemudian menjadi Laut Mati.

Sedangkan penjelasan dari sisi ilmiah antara lain dituliskan oleh situs history.com yang menjelaskan bahwa Laut Mati terbentuk sekitar 1,8 juta tahun yang lalu. Perairan ini terbentuk akibat pergerakan dan tumbukan lapisan kerak bumi di wilayah tersebut. Fenomena ini kemudian membentuk dataran yang sangat rendah dan kemudian terisi air dari sungai-sungai di sekitarnya.

Saat ini memang Laut Mati menjadi dataran paling rendah di permukaan bumi. Posisinya berada di 417 meter di bawah permukaan laut. Dibanding wilayah di sekitarnya, suhu di Laut Mati ini sangat panas dan menyebabkan penguapan air berjalan cepat. Penguapan yang sangat tinggi ini diduga menjadi salah satu penyebab tingginya kadar garam di Laut Mati. Penjelasan lain menyebutkan bahwa kadar garam tinggi karena dasar Laut Mati sebenarnya lapisan dalam kerak bumi yang terbalik dan terangkat ke permukaan.

Kadar garam yang begitu tinggi membuat laut ini tidak punya kehidupan. Tidak ada makhluk yang bisa hidup di dalam air yang kadar garamnya sangat tinggi. Karena itulah kemudian disebut Laut Mati. Tak hanya itu, airnya pun terlihat lebih kental dibanding air laut pada umumnya. Kadar kekentalan ini juga membuat manusia yang menceburkan diri ke Laut Mati bakal selalu terapung.

Saat ini, wilayah Laut Mati berada di perbatasan Yordania dan wilayah Palestina yang diduduki Israel. Laut Mati menjadi salah satu tempat wisata yang menarik perhatian dunia. Para turis dari berbagai negara tak henti mengunjungi wilayah ini. Ada yang masuk dari wilayah Yordania, ada pula yang masuk dari wilayah pendudukan Israel.


Lumpur Laut Mati yang berkadar garam sangat tinggi itu dipercaya memiliki khasiat yang bagus untuk menyehatkan kulit. Beberapa toko di sekitar tempat wisata Laut Mati menjadikan lumpur dan garam Laut Mati ini sebagai komoditas yang menguntungkan. Mereka kemas lumpur dan garam Laut Mati untuk dijadikan kosmetik yang menyehatkan kulit.

Wilayah di sekitar Laut Mati ini berupa pergunungan gersang yang minim sekali vegetasi. Permukaan tanah di pegunungan sekitar Laut Mati ini memang berupa bebatuan yang berkadar air rendah. Di sebagian wilayah pegunungan itu didirikan hotel untuk beristirahat para wisatawan yang datang menikmati pemandangan Laut Mati.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...