Rabu, 30 Mei 2012

INILAH PERTANDINGAN SEPAKBOLA TERLAMA DI DUNIA (2 HARI ADU PINALTI)

posted by: Dunia Andromeda
Wajah-wajah ceria pemain SMA Bishop setelah memenangkan adu penalti


Adu penalti sangat melelahkan secara fisik dan mental. Tidak semua pemain, bahkan yang berkelas dunia sanggup melakukannya dengan baik. Namun apa yang dilakukan oleh 2 tim SMA di Amerika Serikat ini sungguh gila. Mereka membuat rekor sebagai pertandingan sepakbola (dalam ajang resmi) terlama di dunia.

Bukan hanya 2 x 45 menit dan ditambah 2 x 15 m2nit perpanjangan waktu. Tetapi adu penaltinya dilakukan hingga 50 kali tendangan dan itu memakan waktu 2 hari berturut-turut agar pertandingan ini bisa kelar!

Pertandingan gila ini terjadi saat tim SMA Bishop dari La Jolla High berhadapan dengan SMA Crawford dari San Diego dalam laga play-off Californian Division Four pada 22-23 Februari 2012. Kedudukan akhir saat waktu normal ditambah perpanjangan waktu adalah sama kuat, 3-3. Dan sekali lagi, untuk menuntaskannya diperlukan 25 kali sepakan penalti dari masing-masing tim alias total 50 kali tendangan penalti!

Pada Selasa, 22 Februari 2012 sore kedua tim bertanding dan hingga perpanjangaan waktu selesai skor tetap 3-3. Adu penalti pun dilakukan. Namun, setelah 21 tendangan (saat skor masih 18-18) langit mulai gelap, wasit memutuskan menghentikan laga karena hari mulai gelap dan akan terlalu berbahaya karena kiper sudah tak bisa melihat. Maka tim tamu, SMA Crawford terpaksa menginap di La Jolla agar bisa melanjutkan pertandingan tersebut keesokan harinya.

Pada pagi harinya mereka sempat mempertimbangkan pertandingan ulangan, tapi pelatih masing-masing tim sepakat melanjutkan adu penalti. Matt Harris, pemain Bishop mengatakan, “Kami semua sangat tegang menjelang adu penalti ini.

Tiap tendangan bisa mengakhiri duel ini dan kami semua menahan nafas. Namun, saya tidak pernah mengalami atau mendengar hal seperti ini (adu penalti gila) sebelumnya”. Akhirnya saat masing-masing tim melakukan 4 tendangan, Harris berhasil mencetak gol untuk Bishop, dan algojo SMA Crawford melebar ke kiri, maka pertandingan usai dan mereka bernafas lega.

Penendang terakhir SMA Crawford melebar ke kanan kiper saat tendangan ke 50

“Dalam karir kepelatihan saya selama 30 tahun, belum pernah saya dengar ada yang melakukannya selama ini”, ujar pelatih SMA Bishop, Malcolm Tovey seusai pertandingan. “Kedua tim sama-sama memiliki peluang untuk menang. Benar-benar pengalaman yang sulit di percaya”.

Dan adu penalti ini menjadi rekor sebagai adu penalti terpanjang yang pernah tercatat. Rekor sebelumnya adalah 44 tendangan penalti saat KK Palace mengalahkan Civic dalam ajang Namibia Cup.

Sedangkan rekor skor tertinggi dalam situasi serupa tercatat dalam pertandingan Piala Argentina 1988 saat Argentinos Juniors mengalahkan Racing Club 20-19 setelah melakukan 44 tendangan. Nah, anak-anak SMA ini melakukannya lebih lama: 50 tendangan sampai didapatkan pemenangnya.

Bisa jadi ini hanya akal-akalan anak-anak SMA tersebut agar bisa bolos dari kelas dengan alasan yang bagus.

(ESPN, San Diego Union Tribune, Los Angeles Times, FIFA)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...