Senin, 28 Mei 2012

Maymand,Desa Yang Berusia 10.000 Tahun

posted by: Dunia Andromeda
Maymand
Gambar dan relif yang berusia 10 ribu tahun serta peralatan masak dari tembikar berusia enam ribu tahun menjadi saksi akan sejarah panjang desa Maymand. Menurut para pakar, desa Maymand merupakan cikal bakal dimulainya penyembahan matahari oleh rakyat Iran. Dimana pada zaman itu mereka menjadikan gua yang gelap sebagai tempat ibadahnya.

Desa ini terletak di padang pasir Iran, 38 km dari kota Babak, provinsi Kerman dan berada pada 2240 meter di atas permukaan laut. Para arkeolog menjadikan wilayah itu sebagai area penelitian mereka dalam mengungkap sebuah prasasti misterius yang ditemukan disana.Menurut mereka, desa Maymand termasuk salah satu desa tertua di dunia yang pernah dihuni manusia sejak 12 ribu tahun lalu.
Maymand
Kawasan yang diapit oleh padang rumput dan pegunungan ini banyak terdapat pohon murbai dan dipenuhi berbagai satwa seperti ular, biawak, ayam hutan, kura-kura serta masih banyak lagi. Selain itu di pegunungan Maymand masih banyak terdapat hewan liar seperti harimau kumbang dan serigala. Ketika musim dingin tiba, suhu udara kawasan ini cukup dingin. Namun bila musim panas tiba, hawa sejuk pegunungan membuat jiwa menjadi tenteram dimana keindahan panoramanya membuat kita betah berlama-lama.
Maymand
Penduduk primitif desa Maymand membangun tempat tinggalnya ditengah-tengah gunung dan sebagian lainnya bertempat tinggal di dalam gua karena pengaruh alam dan cuaca yang kurang bersahabat ketika itu. Puncak-puncak gunung mereka jadikan kuburan bagi sanak keluarga yang sudah meninggal. Dengan demikian kita dapat menyaksikan sejumlah tempat ibadah dan kuburan kuno.

Bila kita berkunjung kesana, desa Maymand sudah dilengkapi penginapan untuk menyambut para wisatawan. Uniknya, penginapan ini berada di dalam perut gunung dan memiliki kamar-kamar berbentuk gua. Di setiap kamar ditaruh peralatan warga desa yang sederhana. Tidak jauh dari sana, ada sebuah rumah makan yang menyediakan masakan khas daerah ini. Bangunan rumah makan ini benar-benar tradisional dan diilhami oleh sejarah wilayah itu.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...