Selasa, 01 Mei 2012

Berapa Usia Bumi Kita ?

posted by: Dunia Andromeda
Tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini. Sejak jaman purba,manusia sudah mengira-ngira usia bumi, dan terdapat berbagai legenda dan mitos yang tampaknya memberikan jawaban . Tapi manusia tidak dapat memikirkan jawabannya secara ilmiah sampai sekitar 400 tahun yang lalu .
Pada saat itu sudah terbukti bahwa bumi berputar mengelilingi matahari (dengan kata lain bumi merupakan bagian dari tata surya kita ),Sehingga para ilmuwan mengetahui bahwa dari mana mer4aka harus memulai.Untuk menemukan umur bumi, Mereka perlu mengetahui bagaimana tata surya dilahirkan. Bagaiman terjadinya matahari dan semua planet-planetnya .Salah satu teori disebut hipotesis nebula atau teori kabut .

Menurut teori ini, Suatu saat dulu pernah ada gas ptih panas dalam jumlah yang sangat besar berputar-putar di angkasa , adn semakin lama kecil dan panas ,Saat awan gas itu semakin kecil , Ia mengeluarkan cincin gas . Setiap cincin itu membeku menjadi planet dan selebihnya ditengah dan menjadi matahari .Penjelasan lain disebut Planetesimal . 
Menurut teori ini berjuta-juta tahun lalu , terdapat massa yang sangat besar yang terbentuk benda-benda kecil dan padat yang disebut planetesimal dengan matahari dipusatnya . Sebuah bintang besar menarik matahari,Sehingga sebagian matahari pecah . Pecahan ini mengumpulkan planetesimal yang kecil-kecil itu seperti bola salju yang berguling mengumpulkan salju ,Dan mereka menjadi planet.Teori manapun yang benar, para astronom mengira semua ini munkin terjadi sekitar 5.500.000.000 tahun yang lalu !!. Tapi ilmuwan lain selian para astronom telah mencari jawaban denagn mempelajari berapa lama waktu yang diperlukan bumi untuk mencapai bentuknya yang sekarang .

Mereka mempelajari waktu yang diperlukan paling tua un tuk menjadi aus, atau waktu yang diperlukan laut untuk mengumpulkan garam yang sekarang terkandung didalamnya .Setelah semua penelitian mereka, Para ilmuwan sependapat dengan astronom : Umur bumi kurang lebih 5.500.000.000 tahun


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...