Minggu, 20 Mei 2012

Apa Yang Terjadi Ketika Pesawat Disambar Petir ?

posted by: Dunia Andromeda
Kejadiannya di Bandara Nippon OSAKA
Yang lebih MENAKJUBKAN Pesawat dan Penumpang TIDAK Terjadi apa-apa
Durasi Di Perlambat:
SEPUTAR TEKNOLOGI PESAWAT ANTI PETIR


Seberapa sering pesawat disambar petir?

Diperkirakan bahwa rata-rata, masing-masing di armada pesawat komersial AS terasa sedikit lebih dari satu kali per tahun. Bahkan, pesawat sering memicu petir ketika terbang melalui sebuah daerah sangat bermuatan awan. Dalam hal ini, lampu kilat petir berasal di pesawat dan meluas jauh dalam arah yang berlawanan. Meskipun pencatatan yang miskin, usaha kecil dan pesawat swasta dianggap kurang sering dipukul karena mereka biasanya tidak mematuhi jadwal yang kaku.


Apakah petir menyebabkan pesawat untuk crash?

Mengkonfirmasikan terakhir kecelakaan pesawat sipil yang dikaitkan secara langsung dengan petir di AS pada tahun 1967, ketika petir menyebabkan ledakan tangki bahan bakar bencana. Sejak itu, banyak yang telah dipelajari tentang bagaimana petir dapat mempengaruhi pesawat terbang, dan teknik perlindungan telah membaik. Pesawat menerima satu set ketat tes sertifikasi petir untuk memverifikasi keselamatan desain mereka.


Apa yang terjadi ketika sebuah pesawat disambar petir?

Meskipun penumpang dan awak dapat melihat flash dan mendengar suara keras, tidak ada yang serius harus terjadi karena proteksi petir hati direkayasa ke dalam pesawat terbang dan komponen-komponen yang sensitif. Awalnya, petir akan melekat ekstremitas, seperti hidung atau ujung sayap. pesawat kemudian terbang melalui kilatan petir, yang reattaches sendiri untuk pesawat di lokasi lain sementara pesawat dalam "sirkuit" listrik antara wilayah polaritas berlawanan. Arus akan melakukan perjalanan melalui kulit eksterior konduktif dan struktur pesawat dan keluar dari beberapa ekstremitas lain, seperti ekor. Pilot sesekali berkedip laporan sementara lampu atau gangguan pendek tinggal dengan instrumen. Kami telah mendengar laporan aktivasi masker oksigen kabin, tidak ada keraguan menakutkan bagi para penumpang.


Bagaimana pesawat terbang dilindungi dari petir?

kulit pesawat Kebanyakan terbuat terutama dari aluminium, yang merupakan konduktor listrik yang sangat baik. Dengan memastikan bahwa tidak ada kesenjangan dalam jalan ini konduktif, insinyur dapat meyakinkan bahwa sebagian besar arus petir akan tetap pada kulit bagian luar pesawat. Beberapa pesawat modern terbuat dari bahan komposit canggih, yang dengan sendirinya secara signifikan kurang konduktif dari aluminium. Dalam hal ini, komposit dibuat dengan lapisan tertanam dari serat konduktif atau layar dirancang untuk membawa arus petir. Desain ini yang diuji secara menyeluruh sebelum mereka digabungkan dalam pesawat terbang.

jet penumpang modern telah mil kabel dan puluhan komputer dan instrumen lain yang mengendalikan segala sesuatu dari mesin ke headset musik penumpang. Komputer ini, seperti semua komputer, kadang-kadang rentan terhadap marah dari kekuasaan lonjakan. Jadi, selain desain eksterior pesawat terbang, insinyur proteksi petir harus menjamin bahwa tidak ada lonjakan merusak atau transien dapat didorong ke dalam peralatan yang sensitif dalam pesawat. Lightning bepergian pada kulit bagian luar pesawat terbang memiliki potensi untuk menginduksi transien ke kabel atau peralatan bawah kulit. Transien ini disebut efek petir tidak langsung.
Masalah yang disebabkan oleh efek tidak langsung pada kabel dan tetap hati-hati dihindari dengan landasan melindungi, dan penerapan alat surge suppression bila diperlukan. Setiap rangkaian dan peralatan yang kritis atau penting untuk penerbangan yang aman dan pendaratan pesawat terbang harus diverifikasi oleh produsen harus dilindungi terhadap petir sesuai dengan peraturan dari FAA atau otoritas serupa di negara asal pesawat.

Area utama lain yang menjadi perhatian adalah sistem bahan bakar, di mana bahkan percikan kecil bisa menjadi bencana. Oleh karena itu, tindakan pencegahan ekstrem yang diambil untuk memastikan bahwa arus petir tidak dapat menimbulkan percikan api di bagian manapun dari sistem bahan bakar pesawat udara. Kulit pesawat sekitar tangki bahan bakar harus cukup tebal untuk menahan luka bakar melalui. Semua sendi struktural dan pengencang harus ketat yang dirancang untuk mencegah percikan api dengan berjalannya arus petir dari satu bagian yang lain. Akses pintu, topi bahan bakar pengisi dan setiap ventilasi harus dirancang dan diuji untuk menahan petir. Semua pipa dan saluran bahan bakar yang membawa bahan bakar untuk mesin, dan mesin sendiri, harus diverifikasi untuk dilindungi terhadap petir. Selain itu, bahan bakar baru yang menghasilkan uap bahan peledak yang kurang ini sudah banyak digunakan.

Radomes adalah kerucut hidung pesawat yang berisi radar dan instrumen penerbangan lainnya. radome ini merupakan bidang perhatian khusus untuk insinyur proteksi petir. Dalam rangka fungsi, radar tidak bisa terkandung dalam kandang konduktif. Perlindungan yang diberikan oleh aplikasi strip pengalir petir sepanjang permukaan luar radome itu. Strip ini bisa batang logam padat atau serangkaian dekat tombol spasi bahan konduktif ditempel strip plastik yang terikat adhesively untuk radome itu. Strip ini adalah ukuran dan spasi hati-hati menurut tes petir lampiran disimulasikan, sementara pada saat yang sama tidak secara signifikan mengganggu radar. Dalam banyak hal, strip pengalir berfungsi seperti penangkal petir di sebuah bangunan.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...