Jumat, 11 Mei 2012

Rumah Rosullah Shollahu 'Alaihi Wassalam

posted by: Dunia Andromeda

Rumah Nabi Muhammad SAW berbentuk bangunan persegi di sisi bukit batu, memiliki pintu di sisi timur. Memiliki jendelan 10 buah. Empat jendela di dinding timur, tiga di dinding utara, dan satu di dinding barat. Di Kota Makkah, rumah dibangun di bukit-bukit batu.


Perbukitan batu dihancurkan, bagian yang telah rata dibangun rumah persegi. Tidak mengherankan, kalau banyak rumah dengan pemandangan di kanan-kirinya atau di belakangnya masih terlihat batu bukit yang belum diratakan. Kelihatan unik dan bagus.

Di sebuah bukit terdapat sudut besar di sisi bukit, memiliki dua pintu, salah satunya di sebelah utara,  itu adalah mihrab, di tempat inilah Nabi dipercaya dilahirkan oleh ibunya,  tempat ini hanya memiliki panjang 24 lengan ditambah seperempat lengan dari dinding utara ke dinding sisi bukit, dengan lebar 11 lengan lebih seperdelapan lengan.

Saat ini perpustakaan Rumah Nabi itu ditutup untuk umum. Adanya  Megaproyek Masjidil Haram, Rumah Nabi akan menjadi bangunan yang karung bagus. Di atas Rumah Nabi, merupakan ‘terminal’tempat jamaah Indonesia akan diturunkan dari bus- di sebuah bukit dimana terdapat bangunan wisma milik Raja yang terlihat megah.

Meskipun ditutup dan ‘kumuh’ rumah Nabi Muhammad SAW  ini sering dikunjungi jamaah dari berbagai negara, terutama warga negara dari negara-negara Asia Selatan. Mereka datang di rumah ini untuk berdoa, dan ingin melihat sejarah rumah baginda Nabi Muhammad SAW. 


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...