Minggu, 13 Mei 2012

Pesawat Bertenaga Surya Terbesar Akan Lintasi Benua

posted by: Dunia Andromeda
Pesawat Tenaga Surya Terbesar akan Lintasi Benua
Pesawat Tenaga Surya Terbesar Akan Lintasi Benua


Payerne, Swiss (ANTARA/Xinhua-OANA) - Pesawat bertenaga surya buatan Swiss dengan nama "Solar Impulse", yang terbesar di antara jenisnya di dunia, akan terbang perdana melintasi benua pada Mei atau Juni, demikian pernyataan perusahaan itu pada Selasa. 


Pesawat yang dipiloti bersama oleh Bertrand Piccard dan Andre Borschberg akan berupaya terbang perdana sejauh lebih dari 2.500 kilometer dengan lepas landas di Payerne, Swiss barat, kemudian menyeberangi Pyrenees dan Laut Tengah tanpa menggunakan bahan bakar setetes pun hingga akhirnya mendarat di Maroko, Afrika. 

Tanggal pasti dari penerbangan tersebut akan diputuskan sesuai keadaan cuaca. 


Bertrand Piccard dan Andre Borschberg akan bergantian menerbangkan pesawat dalam perjalanannya selama 48 jam, dengan jadwal pemberhentian pertengahan di dekat Madrid, Spanyol, untuk mengganti pilot. 

Penerbangan dengan waktu lama itu akan menjadi gladi resik bagi penerbangan keliling dunia 2014 dan akan memberikan tim sejumlah pengalaman dalam bekerja sama dengan sejumlah bandara internasional, menyatukan purwa-rupa hingga menjadi bentuk kendaraan udara yang sewajarnya dan mengelola logistik perawatan, kata Borschberg --yang juga menjabat Wakil Pendiri dan Direktur Utama Solar Impulse. 


"Solar Impulse", pesawat pertama yang bisa terbang siang dan malam tanpa bahan bakar minyak atau mengeluarkan gas buang, memiliki rentang sayap selebar 63,4 meter, selebar Airbus A340, dan memiliki bobot hanya 1.600 kilogram. 

Terbesar

Pesawat tersebut memiliki 12 ribu sel surya yang dipasang di kedua sayap sehingga dapat memberikan tenaga gerak bagi ke-empat mesin listriknya. MelintasiPesawat tersebut melakukan terbang perdana internasional dari Swiss menuju Brussels pada 13 Mei 2011 dan menandai penerbangan internasional keduanya ke Paris pada Juni 2011


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...