Selasa, 22 Mei 2012

PELABUHAN KUNO ZAMAN ROMAWI DITEMUKAN !

posted by: Dunia Andromeda

Pertengahan Oktober 2011 kemarin, beberapa tim arkeolog berhasil menemukan sebuah bekas kompleks pelabuhan kuno di zaman romawi yang diduga merupakan pelabuhan terbesar di zamannya. Pelabuhan itu disebut Portus.

Bagaimana Portus itu?
Pada masa jayanya, bangunan besar yang baru ditemukan oleh sebuah tim arkeologi itu pernah menjadi pintu masuk Kota Roma dari arah laut.

( Model Portus )


(Portus)

Panjang bangunan dari abad kedua itu mencapai 145 meter dengan lebar 60 meter, lebih besar dibanding sebuah lapangan football. Atapnya menjulang setinggi 15 meter atau lebih dari tiga tumpuk bus tingkat.


Mengutip dari koran Tempo :

Pilar atau tiang yang tersusun dari bata berukuran besar, beberapa di antaranya memiliki lebar hingga 3 meter, terlihat menyokong delapan lengkungan beratap kayu. Reruntuhan struktur itu adalah bukti kejayaan Portus, pelabuhan Kerajaan Romawi pada masa lalu.


Keberadaan pelabuhan kuno itu terungkap dalam penggalian yang dilakukan tim arkeolog dari University of Southampton dan British School at Rome (BSR). Mereka yakin situs tersebut merupakan sebuah galangan kapal Romawi besar. Bekerja sama dengan Italian Archaeological Superintendency of Rome, mereka menemukan sisa bangunan besar yang dibangun dekat cekungan berbentuk heksagonal yang menjadi “pelabuhan“ di pusat kompleks pelabuhan tersebut.


“Awalnya kami menduga bangunan ini merupakan gudang, tapi hasil penggalian terakhir mengungkap bukti bahwa pada masa lalu bangunan ini terhubung dengan bangunan dan tempat pemeliharaan kapal,“ kata Simon Keay, Direktur Proyek Portus. “Beberapa galangan Kekaisaran Romawi telah ditemukan dan, bila identifikasi kami benar, ini akan menjadi galangan terbesar di Italia atau Mediterania.“


Portus telah dikenal sebagai gerbang perdagangan penting yang menghubungkan Roma dengan Mediterania selama periode kekaisaran Romawi, dan tim Portus Project1 menyelidiki peran pelabuhan itu pada masa lain. Hingga saat ini tak ada bangunan galangan kapal besar yang teridentifikasi di Roma, selain satu lokasi di dekat muara Sungai Tiber dekat Monte Testaccio, dan galangan kecil yang baru ditemukan di Ostia.


“Struk tur besar itu dapat menampung kayu, ka nvas, dan cukup besar untuk membuat atau menyimpan kapal di dalamnya,“ kata Keay, yang juga dosen di University of Southampton.


“Skala, posisi, dan ke unik annya membuat ka mi percaya bangunan tersebut memainkan peran penting.“ Investigasi Keay dan timnya pada 2009 difokuskan pada rerun tuh an istana kekaisaran dan bangunan berbentuk amphitheater di dekatnya.


Keay menyatakan seluruh bangunan itu membentuk kompleks penting yang menjadi kantor pengelola seluruh pergerakan kapal dan kargo di pelabuhan.


Bukti pendukung lain berasal dari mosaik dan naskah yang ditemukan di Portus yang menyebut keberadaan sekelompok ahli pembuat kapal di pelabuhan itu.


“Penemuan bangunan ini mempunyai implikasi besar terhadap pemahaman kami tentang betapa pentingnya cekungan heksagonal atau pelabuhan di Portus dan perannya di dalam skema kompleks pelabuhan secara keseluruhan,“


Portus Project
Portus ini berhasil ditemukan oleh beberapa ahli yang tergabung dalam Portus Project, Proyek yang diketuai oleh Simon Keay bersama dengan Graeme Earl dari Southampton University yang bertujuan untuk menjawab dan menguak pertanyaan besar mengenai keberadaan Portus. Portus Project adalah sebuah kelanjutan dari riset yang dilakukan University of Southampton, British School at Rome, Cambridge University dan Soprintendenza di Beni Archiologici di Ostia.


Portus Overview
Portus merupakan pelabuhan penting di zaman romawi kuno. Terletak di pantai timur dekat Tiber Mouth di Ostia, dekat kota Fiumicino. Pembangunannya dimulai saat zaman pemerintahan kaisar Claudus, dilanjutkan oleh kaisar Nero dan diperluas serta diperbesar di zaman kaisar Trajan, menyuplai kota Roma ke zaman Byzantium. Portus merupakan sebuah terusan kanal yang berfungsi sebagai pintu masuk barang-barang impor yang dibutuhkan masyarakat Romawi.

(Kaisar Nero)


(kaisar Trajan)


(peta portus)


Pengertjaan Proyek Portus
Situs Portus di Fiumicino merupakan pelabuhan kuno Romawi saat periode imperial yang telah diketahui sejak abad ke 16. Namun diketahui bahwa Portus terletak di dekat Ostia.
(layout Portus)


Pekerjaan sebelumnya melibatkan orang-orang terhormat di Itali dan para pelajar asing yang menetap di Itali seperti Lanciani (1868), Lugli & Fillibeck (1935), dan Testaguzza (1970).



Hasil dari pengerjaan proyek Portus dari tahun 1998 - 2004, yang didanai oleh AHRC dengan bantuan dari Soprintendenza di Beni Archiologici di Ostia, terdiri dari survey geofisik di sekitar pelabuhan dan bentangan pedalaman di timur yang dipublikasikan oleh Keay, Millet, Strutt & Patrolli pada tahun 2005.


Dan diperkirakan masih ada lagi beberapa pelabuhan kuno zaman romawi yang menakjubkan yang terdapat disana, semoga saja para tim dari Portus Project bisa menguaknya dan membuahkan hasil yang bagus serta memuaskan bagi dunia.


(sumber : portusproject.org, koran Tempo, google.com)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...