Sabtu, 19 Mei 2012

Isi Ulang Baterai Ponsel Cukup Dengan Sepatu

posted by: Dunia Andromeda
batteray phone

Peneliti muda berusia 24 tahun, Anthony Mutua, menciptakan sepatu yang bisa berfungsi sebagai alat isi ulang baterai telepon genggam. Penemuan ini ditunjukkan kepada publik pada kegiatan Kenyan Science Technology and Innovation Week (KSTIW) di Nairobi, Kenya. Sebuah chip tipis yang diintegrasikan dengan tenaga gerak memungkinkan sebuah sepatu menjadi alat isi ulang baterai.

Sepatu tersebut menggunakan chip kristal tipis yang akan mengumpulkan tenaga saat sepatu melengkung. "Alat isi ulang ini bekerja menggunakan tekanan, saat Anda berjalan, Anda akan menyalakan generator energi. Selesai berjalan, Anda akan duduk dan proses isi ulang baterai bisa dimulai," jelas Mutua kepada CNC World.

Selain itu, alat isi ulang tersebut bisa dipindahkan dari satu sepatu ke sepatu lainnya. Semua sepatu dapat menggunakan alat ini, kecuali sandal hotel. Laporan mengatakan bahwa alat isi ulang dapat mengisi beberapa telepon genggam dalam satu waktu.

Dalam waktu dekat, alat ini akan beredar di pasaran karena sudah dipantenkan oleh Mutua. Dalam perencanaannya untuk menuju pasar, Mutua memperkirakan harga yang ditawarkan untuk masyarakat luas adalah sekitar Rp 400.000 untuk sepasang sepatu.
(ey/EY/itek-liputan6)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...