Jumat, 04 Mei 2012

Desain Traktor Yang Terinspirasi Dari Bentuk Semut

posted by: Dunia Andromeda
Valtra Ants tractor merupakan sebuah pengembangan dari traktor konvensional. Konsep traktor ini di desain khusus oleh Valtra yaitu sebuah perusahaan yang khusus bergerak dalam pembuatan traktor. Dan dengan mengikuti prinsip-prinsip dari Valtra, konsep Traktor ini dihadirkan dengan berbagai inovasi terbaru. Diantaranya pemakaian sumber tenaga yang bisa dikustomisasi, fleksibilitas, dan sistem yang ramah lingkungan. Diharapkan dengan hadirnya Valtra Ants tractor ini para petani akan mampu mengolah lahannya dalam area yang lebih luas dengan tenaga yang lebih sedikit dan dengan hasil yang melimpah.

Pada dasarnya Konsep traktor yang terinspirasi dari semut ini tersedia dalam 2 model yang berbeda. Yaitu model yang menggunakan teknologi hybrid electric dan full electric drive train. Dan pada kedua model tersebut sebenarnya memiliki basic modul yang sama. Yaitu "Soldier" dengan kemampuan 100kW dan "Worker" dengan tenaga 200kW. Hal ini bisa dibilang sebuah solusi yang sangat efektif. Pemilik dapat memilih modul mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Pemilik juga dapat memilih untuk menggunakan kedua modul tersebut secara bersamaan atau secara satu-satu.

Masing-masing roda terhubung ke chassis melalui sebuah balok suspensi di mana kekakuan dan posisi balok dapat disesuaikan secara individual. Dengan begitu desain ini akan mampu memberikan kenyamanan berkendara yang optimal pada medan apapun. Selain itu ketinggian mesin juga dapat disesuaikan untuk bekerja pada lingkungan yang berbeda. Unik kan???






Alex Marzo hadir dengan konsep Volvo Ants yaitu sebuah kendaraan masa depan dengan sistem aero neumatic transport. Melalui sebuah penelitian yang sangat panjang di biomimicry, Alex Marzo hadir dengan sistem transportasi yang terinspirasi dari semut. Memang sih, sebelumnya saya sudah pernah juga meulis artikel tentangkendaraan yang terinspirasi dari semut. Namun Volvo Ants memiliki sesuatu yang lebih "semut" dibanding kendaraan semut yang dulu pernah saya bahas.

Volvo Ants tidak hanya memiliki desain yang terispirasi dari bentuk semut seperti yang terlihat pada gambar. Namun juga memiliki "tingkah laku" yang juga sama dengan semut. Seperti yang kita tahu, semut memiliki kemampuan terorganisir yang sangat baik seperti cara mereka berkomunikasi dengan sesamanya, cara mereka mendistribusikan makanan, dan lain lainnya.

Nah menurut sang desainer, semua yang ada pada semut tersebut diterapkan padakendaraan masa depan ini. Mulai dari model desainnya, sistem transportasinya, proses kerjanya, dan elemen-elemen lain pendukungnya. Namun sayangnya belum dijelaskan secara terperinci tentang apa yang dia maksud tentang hal hal tersebut. Demikian saya kutip dari Tuvie.com.


















Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...