Rabu, 09 Mei 2012

20 Mei 2012, Gerhana Matahari Pertama Di 2012

posted by: Dunia Andromeda
  
Pada tanggal 20 Mei nanti akan terjadi fenomena alam gerhana matahari cincin, yang merupakan gerhana matahari pertama di tahun 2012 ini. Namun untuk wilayah Indonesia gerhana akan tampak sebagian bukan seperti cincin.


"Pada 20 Mei akan terjadi gerhana matahari cincin. Tapi melintasinya di wilayah Pasifik seperti China, Taiwan, Jepang, sampai melintasi Lautan Pasifik dan berakhir di AS saat terbenam. Kalau di Indonesia hanya terlihat sebagai gerhana sebagian, kurang dari 45 persen, dan terlihat saat matahari terbit," ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, seperti dilansir dari detikcom.


Gerhana Manado dapat dilihat saat matahari terbit namun hanya terjadi 3% saja dan berakhir pukul 06.38 Wita, Ambon terjadi hanya 16% ketika matahari terbit berakhirnya sekitar pukul 07.22 WIT, di Manokwari ketika matahari terbit mulai pukul 06.07 WIT sampai dengan pukul 07.26 WIT, gerhana terjadi hanya 17 persen. 


Di daerah Jayapura gerhananya hanya 4 persen, dimulai pukul 06.23 WIT dan berakhir pada 07.08 WIT. Namun untuk wilayah barat diperkirakan tidak dapat menyaksikannya.


Tidak ada efek apa pun terkait terjadinya fenomena ini. Untuk diketahui, dalam waktu satu tahun, di Bumi terjadi 5-7 gerhana, baik gerhana matahari maupun gerhana Bulan.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...