Rabu, 09 Mei 2012

Vihara ini Kabarnya Menyimpan Gigi Buddha

posted by: Dunia Andromeda
Di Benua Asia yang terkenal sebagai tempat kelahiran bagi agama atau kepercayaan Buddha memiliki banyak tempat suci bagi pemeluk agama tersebut. Contohnya di Singapura dan Sri Langka yang mempunyai Vihara yang menyimpan salah satu bagian dari jasad Sang Buddha yaitu gigi.
Vihara Sri Dalada Maligawa di Sri Langka dan Vihara Buddha Tooth Relic Temple di Singapura menyimpan gigi peninggalan jasad dari Sang Buddha yang menarik ketertarikan bagi para wisatawan yang beragama Buddha.
Vihara Sri Dalada Maligawa terletak di tepi danau yang luas dan cantik di Kota Kady (116 km dari Colombo). Untuk menghormati gigi suci Sang Buddha, Vihara ini mempunyai aturan yang harus dipatuhi oleh turis yang berkunjung ke sana, salah satunya adalah harus melepas alas kaki sebelum masuk ke komplek. Tetapi, para pengunjung tidak bisa melihat langsung gigi suci tersebut. Gigi Sang Buddha ditempatkan di sebuah rumah kayu dan hanya ditampilkan setiap 5 tahun sekali dalam festival tahunan Esala Perahera.
Sedangkan di Singapura, Vihara Buddha Tooth Relic Temple terletak di Jalan South Bridge Road, 550 meter dari stasiun MRT Chinatown. Di Vihara ini, para pengunjung bisa langsung melihat bentuk dari gigi suci peninggalan Sang Buddha tersebut. Vihara dengan warna merah dan menjulang setinggi 4 lantai ini mempunyai aura khas yaitu ornamen emas dan merah serta lampion-lampion cantik.
Gigi suci Sang Buddha disimpan di lantai teratas dan pengunjung yang ingin melihatnya harus melepas alas kaki untuk menjaga kesucian tempat tersebut. Gigi suci tersebut disemayamkan di sebuah stupa emas seberat 320 kg yang berasal dari reruntuhan stupa di Myanmar dan dilapisi oleh kaca. Aturan ketat pun diberlakukan di Vihara Buddha Tooth Relic Temple ini. Selain harus melepas alas kaki, para pengunjung juga tidak diperbolehkan mengambil foto dari gigi tersebut.
Sumber : Kabarharian.com


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...