Kamis, 17 Mei 2012

Robot Ini Pintar Berenang & Twitter-an

posted by: Dunia Andromeda

Untuk mengawasi kualitas air di California, Amerika Serikat, sebuah tim telah mengembangkan robot khusus. Robot ini tidak hanya bisa berenang di air, tapi juga dikembangkan untuk mengirimkan tweet temuannya. 



Dengan menggunakan Jaringan Sensor Terapung, peneliti University of California, Berkeley ini mengukur kualitas air. Jaringan ini merupakan pendekatan baru untuk mengukur kualitas air.


Sensor lokasi mengirim laporan ke unit mobile yang dapat memantau berbagai lokasi. Sistem pemantauan air ini dapat digunakan di 

lingkungan muara maupun sungai, serta dapat diintegrasikan ke dalam infrastruktur pemantauan air yang ada.


Menurut Treehugger.com, tim yang dipimpin oleh Alexandre Bayen dari Information Technology Research Interest of Society (CITRIS) melepas 100 robot ke Sungai Sacramento pada 9 Mei lalu.


Sistem sungai Sacramento-San Joaquin memegang dua pertiga dari keseluruhan air tawar dalam kawasan tersebut. Sebagian besar penduduk California memanfaatkannya sebagai air minum dan pasokan irigasi.


Pengendalian dengan robot memberikan pemahaman yang lebih dinamis dan rinci tentang keadaan air sungai. Robot tersebut dilengkapi dengan unit GPS, mengambang, dan bergerak bebas di air dengan baling-baling. Bahkan, robot-robot tersebut menggunakan Twitter untuk melaporkan apa yang mereka menemukan, dengan akun @fsnandroid61.


Untuk saat ini, robot terbaru yang dirilis mengukur aliran salinitas dan pencemaran air. Robot versi selanjutnya dapat dimodifikasi untuk menguji berbagai bahan kimia. Akan dirilis pula robot yang berfungsi menghadapi situasi darurat, seperti kegagalan tanggul atau tumpahan zat pencemar. Robot tersebut bertugas untuk memberikan rincian apa yang terjadi secara real-time.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...