Jumat, 11 Mei 2012

Lukisan 'Berteriak' Seharga Rp 1,1 Triliun Pecahkan Rekor Termahal di Dunia

posted by: Dunia Andromeda
Sebuah lukisan memecahkan rekor sebagai lukisan termahal di dunia setelah terjual dengan harga mencapai Rp 1,1 triliun rupiah lebih. 

Seperti yang dilansir oleh Daily Mail, lukisan karya ekspresionis Norwegia Edvard Munch yang berjudul 'The Scream' menjadi lukisan termahal di dunia yang dilelang di balai lelang Sotheby, New york. 

Karya yang terjual ini merupakan salah satu dari empat versi 'The Scream' yang dibuat sekitar tahun 1893 hingga 1910. 

Menurut penuturan pihak balai lelang, lukisan yang dilelang merupakan karya yang dibuat pda tahun 1895. Pertama ada tujuh orang terlibat dalam pelelangan, namun hanya dua orang yang pada akhirnya saling bersaing melalui hubungan telepon. Akhirnya salah seorang diantara kedua orang yang tidak disebutkan identitasnya itu berhasil memenangkan dengan harga USD 120 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun lebih. 

Lukisan itu berhasil memecahkan rekor mengalahkan lukisan yang dibuat oleh Pablo Picasso berjudul 'Nude, Green Leaves and Bust'. Sebelumnya lukisan ini terjual dengan harga USD 106,5 juta atau sekitar Rp 981 miliar di balai lelang Christie tahun 2010. 
Dalam kebudayaan populer, 'The Scream' memang menjadi salah satu karya paling ternama. Dua versi lain 'The Scream' lain pernah hilang dicuri pada 1994 dan 2004. Beruntung keduanya berhasil di temukan dan kini telah berada di museum di Norwegia. 
"Bersama Mona Lisa, lukisan ini adalah yang paling terkenal sepanjang sejarah seni," ujar penasihat seni Frahm Ltd, Michael Frahm kepada Associated Press.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...