Senin, 21 Mei 2012

Monmouth : Kota Wikipedia Pertama di Dunia

posted by: Dunia Andromeda
Kota kecil di Welsh, Inggris bernilai sejarah karena merupakan tempat kelahiran Raja Henry V. Kota itu, Monmouth, kini mengukir sejarah baru dengan menjadi kota Wikipedia pertama.


Turis yang berkunjung ke Monmouth dapat menggunakan smartphone sebagai panduan kota. Anda hanya perlu memindai barcode yang dipampang pada obyek wisata. Kode itu akan merujuk pada laman Wikipedia mengenai tempat itu. 


Wikimedia UK memberikan dukungan, pengembangan, dan promosi terhadap proyek Yayasan Wikimedia ini. Menurut Wikipedia, ratusan artikel mengenai kehidupan dan sejarah kota telah tersedia untuk diakses online mulai Sabtu ini. Artikel ini akan tersedia dalam lebih dari 26 bahasa, dari Hindi ke Hunggaria. 


Sekitar 1.000 plakat dengan kode QR dan stiker disiapkan untuk mendekorasi bangunan Monmouth seperti sekolah, museum, situs bersejarah, dan bar. Proyek bernama Monmouthpedia ini disiapkan dalam enam bulan. Instalasi WiFi gratis di penjuru kota pun telah dipasang oleh pemerintah lokal untuk mendukung layanan ini.


Penduduk kota dan pelaku bisnis pun telah membuat dan mengedit artikel mengenai Monmouth yang terkoneksi dengan tautan kode. Beberapa relawan membantu menerjemahkan artikel itu. 


Pengelola komunikasi Wikimedia UK, Stevie Benton menyatakan lebih dari 450 artikel baru tentang Monmouth telah ditambahkan ke Wikipedia. Lebih dari 150 artikel yang telah ada telah dikembangkan selama enam bulan. 


Monmouth dipilih karena memiliki sejarah budaya yang kaya. Lokasi kelahiran Raja Henry V ini memiliki jembatan yang telah ada sejak abad 13, peninggalan satu-satunya di Inggris. 



"Jika semua orang berbagi cerita mengenai area lokalnya, kita akan memahami dunia tempat kita tinggal. Itu akan menjadi sebuah kekuatan," ujar Benton seperti dilansi dari Dailymail.co.uk.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...