Jumat, 18 Mei 2012

Alat Musik Tradisional Indonesia, Kenali Sebelum di 'Curi’ Orang

posted by: Dunia Andromeda
Siapa yang pernah tahu berapa jumlah pasti alat musik tradisional Indonesia. Sungguh sebuah kekayaan intelektual milik budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Namun dilain pihak banyak pula yang tidak mengetahui bahkan sama sekali belum pernah mendengar alat musik tradisional tersebut dimainkan, ditengah derasnyaindustri musik modern alat musik tradisional ini semakin terpinggirkan.
angklung
Angklung dari Jawa Barat
Setelah sebelumya diklaim oleh Malaysia : Akhirnya Angklung Indonesia Di Akui Oleh UNESCO, Malaysia Tidak Bisa Lagi Mengklaimnya.
kulintang
Kulintang dari Sulawesi Utara
rebana_jawa
Rebana dari Jawa
tifa
Sasando dari NTT
Alat musik tradisional yang merupakan alat musik khas Indonesia memiliki banyak ragam dari pelbagai daerah di Indonesia, namun banyak pula dari alat musik tradisional Indonesia ‘dicuri’ oleh negara lain  untuk kepentingan penambahan budaya dan seni musiknya sendiri dengan mematenkan hak cipta seni budaya dari Indonesia.
Dan lebih mengkhawatirkan lagi adalah ketika alat musik tradisional tersebut sudah mulai dilupakan, tiba-tiba kita tersentak kaget saat negara lain dengan leluasa meng-klaim bahwa alat musik tradisional tersebut adalah milik mereka. 
Ingat peristiwa Angklung. Meskipun kemudian Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi ManusiaIndonesia dari UNESCO pada November 2010. Namun masih banyak lagi alat musik tradisional kita yang terancam ‘dicuri’ seperti Bonang, Calempong, Gambang, Kenong, Saron, dll oleh negara lain, bahkan tanpa malu-malu sudah mereka daftarkan seperti yang ada pada sebuah website.
Diklaim negara lain
Berikut 28 Jenis Alat musik tradisional Indonesia yang dikutip dari wikipediaantara lain meliputi: (Silahkan klik pada alat musik yang diinginkan untuk lebih detail)
Berikut Update Gambar Alat Musik Tradisional lainnya :
Bonang Barung dari Jawa
Kenong dari Jawa
Kendang dari Jawa
Rebab dari Jawa Barat
Saron dari Jawa Tengah
Siter
Terompet Reog dari Jawa Timur
Sampek dari Kalimantan
Dan masih banyak lagi…..


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...