Jumat, 14 Desember 2012

Ravi Shankar : Pemetik Sitar Legendaris & Inspirator The Beatles Meninggal Dunia Di Usia 92 Tahun

posted by: Dunia Andromeda
Ravi Shankar, pemain sitar India yang memiliki pengaruh besar pada The Beatles, dia telah meninggal pada usia 92.Selain bekerja sama dengan George Harrison, ia juga berkolaborasi dengan musisi yang beragam seperti biola Yehudi Menuhin dan jazz saxophonist John Coltrane.

Sebuah pernyataan di website-nya mengatakan ia meninggal di San Diego, California selatan dekat rumah dengan istri dan salah satu dari dua anak perempuannya di sisinya.Yayasan musisi mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa ia telah menderita penyakit dada dan masalah jantung dan telah menjalani operasi hati dan penggantian katup pekan lalu.

PM India Manmohan Singh menyebut Menteri Shankar adalah sebuah 'harta karun nasional'.Dicap sebagai 'godfather musik dunia oleh Harrison, Shankar membantu jutaan musik klasik, jazz dan pecinta Stone, dia juga menemukan tradisi berabad-abad musik India melalui sitar, instrumen berleher panjang dan senar yang menyerupai kecapi raksasa.

Namun, suara itu begitu biasa untuk telinga Barat pada waktu itu beberapa fans mengira tala nya untuk musik yang sebenarnya.Harrison telah tumbuh terpesona dengan sitar dan memainkan instrumen, dengan tuning Barat, pada Wood lagu Norwegia.

Tapi ia segera mencari Shankar, sudah menjadi ikon musik di India untuk meminta diajarkan untuk bermain dengan benar.Pasangan ini menghabiskan minggu bersama-sama, memulai pelajaran di rumah Harrison di Inggris dan kemudian pindah ke sebuah rumah kapal di Kashmir dan kemudian ke California.

Mendapatkan kepercayaan diri dengan instrumen yang kompleks, Harrison merekam lagu India yang terinspirasi Cinta Untuk di Beatles 'album Revolver, membantu memicu' fase raga rock 'dari tahun 1960an dan menarik perhatian yang meningkatan Shankar dan karyanya.

Shankar pernah memainkan intrumennya di  Monterey Pop Festival 1967 dan di Woodstock pada tahun 1969 dan juga memelopori konsep pertunjukan manfaat Konser 1971 Untuk Bangladesh, di mana ia tampil bersama Harrison dan bintang-bintang lainnya.Tersentuh oleh penderitaan jutaan pengungsi yang melarikan diri ke India untuk melarikan diri dari perang di Bangladesh, Shankar dan Harrison mengulurkan tangan dengan melihat apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu.
Shankar kemudian digambarkan sebagai "salah satu master  musik yang paling mengharukan dan intens pada abad itu, 'yang diselenggarakan dengan dua pasangan konser manfaat di Madison Square Garden yang termasuk Eric Clapton, Bob Dylan, dan Ringo Starr.

Konser  yang melahirkan sebuah album dan film, mengangkat jutaan dolar untuk UNICEF dan terinspirasi manfaat batuan lainnya, termasuk konser Aid 1985 untuk mengumpulkan dana bagi bantuan kelaparan di Ethiopia dan Harapan 2010 Untuk Haiti Now telethon.Untuk generasi selanjutnya, ia dikenal sebagai bapak dari penyanyi Populer Amerika Norah Jones, meskipun pasangan itu terpisahkan.

Penampilan terakhir musiknya dengan putri sitarist Anoushka Shankar Wright, pada 4 November di Long Beach, California. Yayasannya mengatakan hal itu untuk merayakan satu dekade kesepuluh menciptakan musik.
 
• Ravi Shankar, 92 melakukan saat konser di Bangalore, India

 
• George Harrison, The Beatles duduk bersila dengan mentor musiknya, Ravi Shankar dari India di Los Angeles pada tahun 1967

 
• Siswa dan guru membayar upeti kepada legendaris India sitar pemain Ravi Shankar di Bengali Tola Inter College di mana Shankar pernah belajar di Varanasi, India

 
• mahasiswa India menyalakan lilin untuk membayar upeti kepada Ravi Shankar

 
• Seorang siswa membayar upeti kepada Ravi Shankar di depan foto dirinya

 
• Jiwa bintang Norah Jones dan ayahnya Ravi Shankar diketahui memiliki hubungan yang tegang

 
• Ravi Shankar digambarkan dengan Anouskha putrinya di London

(Mail)




Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...