Sabtu, 15 Desember 2012

G-Land : Surga Tersembunyi di Banyuwangi

posted by: Dunia Andromeda
Haiii pecinta jalan-jalan, numpang sebar informasi ya mungkin sebagian dari teman-teman sudah tau tempat ini tapi apa salahnya kalau dibaca dulu...sisi lain dari G-Land 
Jika anda hobi berselancar maka anda pasti sudah tahu tentang G-Land di Banyuwangi, atau oleh masyarakat lokal disebut Pantai Plengkung, Banyak peselancar kelas dunia yang menganggap G-Land [pantai Plengkung] sebagai The Seven Giant Waves Wonder, atau salah satu dari 7 tempat surfing terbaik di dunia. memang tak aneh jika di sebut demikian. G-Land memiliki ombak besar dan panjang yang sangat di impikan oleh para peselancar profesional, tinggi ombak di pantai Plengkung [G-Land] mencapai 6-8 meter dengan panjang ombak lebih dari 2 km. di pantai pula ini pernah diadakan lomba selancar internasional Quicksilver Pro Surfing Championship pada tahun '95, '96, dan '97.


G-Land atau Pantai Plengkung terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, untuk mencapai G-Land / Pantai Plengkung, jika menggunakan angkutan umum dari arah Banyuwangi naik bus menuju Kalipahit (sekitar 60 km), dari Kalipahit dilanjutkan dengan naik ojek menuju Pasar Anyar yang berjarak sekitar 4 km, dari Pasar Anyar pengunjung bisa menumpang mobil pick-up menuju Pos Pancur (jaraknya sekitar 15 km), dan dari Pos Pancur hanya berjarak sekitar 8 km sebelum mencapai Pantai Plengkung (G-Land). di G-Land sendiri terdapat sebuah helipad untuk mereka yang melewati jalur udara dengan menggunakan helicopter.

Fasilitas di G-Land sudah cukup lengkap, mulai dari Bar, Restaurant, Bungalow, Jangle Camp, dll. disini juga disediakan sewa papan selancar. kebanyakan harga yang ditawarkan di Bar, Restaurant, atau Bungalow adalah dalam pecahan dollar, karena banyaknya wisatawan asing yang datang ke tempat ini. oh ya, pada hari-hari tertentu di TN Alas Purwo juga terdapat pementasan kesenian budaya rakyat. hal ini tentu saja menjadi satu hiburan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.


Pantai Plengkung disebut G-Land karena tiga hal, pertama karena diambil dari nama teluk Grajagan, kedua diambil dari kata Green karena letaknya di tepi hutan tropis yang hijau, dan ketiga diambil dari kata Great karena ombaknya yang begitu besar dan panjang.
Bagi peselancar, waktu terbaik mengunjungi G-Land di Banyuwangi adalah bulan Juli-September, saat itu ombak di G-Land (Pantai Plengkung) sedang bagus-bagusnya. Ombak di pantai ini dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu Kong Waves (tinggi ombak mencapai 6-8 meter), Speedis Waves (5-6 m), dan Many Track Waves (3-4 m). ombak tingkat terakhir (many track) biasanya digunakan para peselancar pemula untuk mengasah skill mereka.

nah, jika anda hobi berselancar maka G-Land atau Pantai Plengkung merupakan wisata yang wajib di kunjungi.. jika anda tidak mempunyai hobi berselancarpun tetap saja pantai ini layak di kunjungi..  selain bisa menikmati eksotisme pantai Indonesia yang sudah begitu terkenal di mancanegara kita juga bisa menikmati panorama alam Taman Nasional Alas Purwo yang menakjubkan. dengan segala habitat yang hidup didalamnya.. oh ya, satu lagi.. sunset di pantai plengkung tidak kalah indahnya dengan sunset di pulau Bali, moment matahari terbenam di pantai Plengkung [G-Land] menjadi pemandangan yang sangat di tunggu para wisatawan.. 

Sunset di G-Land
Satu hal ternyata di G-Land itu tidak hanya kegiatan surfing yang bisa dilakukan, ada beberapa kegiatan yang menyenangkan seperti treeking ( menyusuri Taman Nasional Alas Purwo dengan bersepeda ), snorkling, mancing, diving, caving, melihat penangkaran penyu atau kalau pecinta Fotography disana juga view nya bagus sekali. Jadi kalau kurang berminat surfing ada alternatif kegiatan yang bisa dilakukan.

Waiting For Sunset


Penangkaran Penyu
Kalau mau treeking bisa menyusuri jalan yang sudah dibuat lumayan bagus untuk anda pecinta sepeda atau hanya sekedar jalan-jalan di G-Land. Mancing juga bisa, ikan yang bisa didapatkan gedeeee banget (ga tau deh nama ikannya apaan).

Hasil Mancing
Di TN Alas Purwo ada banyak sekali Goa bagi kalian pecinta caving. Goa yang cukup terkenal disana adalah Goa Istana dimana disana kita bisa melihat orang bersemedi dan melihat stalaktit dan stalakmit untuk caving di dalam Goa. 

Di G-Land ada satu kegiatan yang cukup unik yang bisa kita lakukan yaitu olahraga Yoga yang dipandu instruktur dari Ausy dimana semua ini bisa didapatkan hanya di G-Land loh...

INSTRUKTUR YOGA
Sayang sekali G-Land hanya terkenal di kalangan pecinta surfing dan adventure dari mancanegara dan sedikit sekali orang Indonesia yang mengetahui informasi mengenai G-Land yang notabene nya terletak di Indonesia. Kebanyakan wisatawan yang datang berasal dari Amerika, Brasil, dan Australia, standard pelayanan dan fasilitas juga internasional punya soalnya disana kebanyakan tamu bule  Makanya ayo kita kunjungi G-Land.




Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...