Senin, 10 Desember 2012

Kerasnya Kehidupan Buruh Pembuat Boneka di China (Photo)

posted by: Dunia Andromeda
Saat ini, kita sudah memasuki minggu kedua di bulan Desember. Bulan Desember itu sendiri, identik dengan perayaan Natal, dan Tahun Baru. Semua orang turut merasakan atmosfer liburan Natal dan akhir tahun.

Meski Natal hanya dirayakan oleh kaum nasrani, tapi ada juga beberapa kelompok masyarakat yang tetap ikut merasakan momen hari besar tersebut. Biasanya ada yang ikut bertukar-tukaran kado, memberi hadiah dan bingkisan lainnya.

Demikian pula di China. Saking banyaknya permintaan pasar terhadap mainan anak-anak yang hendak dijadikan hadiah. Oleh karena itu, pabrik-pabrik mainan dan boneka di China harus kerja ekstra untuk memproduksi mainan-mainan tersebut.

Sampai-sampai para buruh pabriknya pun diharuskan tidur di lantai pabrik dengan ditemani tumpukan bagian-bagian boneka, dan potongan mainan anak lainnya yang belum dipasang.

Beberapa tahun belakangan ini, para pejuang hak asasi manusia untuk buruh pabrik sangat prihatin terhadap nasib mereka yang selalu dipaksa untuk kerja lembur hingga 36,5 jam setiap minggunya.

Pada perhitungan tahun 2010, didata bahwa pabrik mainan di China ada sekitar 8.000 pabrik, dan mempekerjakan sekitar 3,5 juta buruh, yang rata-rata setiap buruhnya mendapat bayaran 150 poundsterling (sekitar 2,3 juta rupiah) setiap bulannya, dan sudah termasuk uang lembur.

Dengan upah yang terbilang rendah di negara mereka, para buruh ini masih dipaksa untuk menginap di pabrik, dan tidur hanya beralaskan kardus ataupun karung-karung berisi penggalan tubuh boneka anak.


Berikut foto penderitaan buruh pabrik di China.

Michael Wolf/Daily Mail 

Pekerja pabrik mainan anak harus lembur setiap harinya Foto: Kerasnya Kehidupan Buruh Pembuat Boneka di China
According to New York-based China Labour Watch, Chinese factory workers often work an extra 36.5 hours a week but are paid only 59 per cent of the minimum wage
Well-known characters such as SpongeBob SquarePants (pictured) and Mickey Mouse are produced in these factories
Big business: Across China there are estimated to be around 8,000 toy-making companies employing 3.5million workers
Improving: Conditions have get better for workers after factories implemented a code of conduct but China Labour Watch said abuses still continue
Tough conditions: A report revealed 1 million Chinese factory workers suffered industrial accidents in 2009 alone
Wolf decided to exhibit his photographs surrounded by 16,000 second hand toys that he bought from flea markets in California

(dailymail)




Artikel Terkait:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...