Rabu, 25 Juli 2012

Tahukah Kamu : Inilah Kota Tertua di Indonesia

posted by: Dunia Andromeda
Mungkin banyak diantara sobat yang tidak pernah tahu. Inilah kota tertua di Indonesia dengan sejarahnya yang panjang sebagai kerajaan bahari budha terbesar di asia tenggara yang mendominasi nusantara dan malaya abad ke-9 dengan julukan “Bumi Sriwijaya”.



Palembang dengan simbol jembatan ampera ini adalah kota terbesar kedua setelah Medan, di Barat palembang dijuluki, Venice of the East (“Venesia dari Timur”). Sebagai kota tertua di Indonesia yaitu tanggal 17 Juni 683 Masehi, berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang.

Kota ini dianggap sebagai salah satu pusat dari kerajaan Sriwijaya. Serangan Rajendra Chola dari Kerajaan Chola pada tahun 1025, menyebabkan kota ini hanya menjadi pelabuhan sederhana yang tidak berarti lagi bagi para pedagang asing. 
Berdasarkan kisah Kidung Pamacangah dan Babad Arya Tabanan disebutkan seorang tokoh dari Kediri yang bernama Arya Damar sebagai bupati Palembang turut serta menaklukan Bali bersama dengan Gajah Mada Mahapatih Majapahit pada tahun 1343. Kejayaan Sriwijaya diturunkan kepada Kesultanan Palembang Darusallam pada zaman madya sebagai kesultanan yang disegani dikawasan Nusantara. 

Baca Juga :



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...