Rabu, 10 Oktober 2012

Legenda 'Antu Banyu' : Hantu Di Sungai Musi Palembang

posted by: Dunia Andromeda
Sungai Musi merupakan salah satu sungai tertua di Nusantara, sudah ramai dengan berbagai aktivitas sejak masa pra Kerajaan Sriwijaya. Banyak cerita misteri tentang sungai ini. Salah satunya, Antu Banyu.

Antu Banyu yang berarti 'hantu air' merupakan makhluk yang hingga kini masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakannya sebagai makhluk purba, tapi ada juga yang percaya sosok itu ibarat jin yang hidup atau menetap di Sungai Musi.

Dari serpihan serpihan cerita yang saya dapat, paling tidak antu banyu memiliki beberapa ciri, pertama, Hantu ini memiliki rambut yang panjang, kedua rambutnya keras seperti satang, ketiga suka mengincar anak anak atau pendatang, keempat muncul ketika air sungai musi berwarna kecoklat coklatan, kelima suka memakan  ubun ubun kepala dan sumsum tulang belakang( Serem banget ya).

”Jangan lamo lamo igo di Sungai, Agek ado Antu banyu”. artinya,  Jangan lama lama di sungai, Nanti ada hantu air, kata kata itu sering di ucapkan oleh para orang tua di sumatera selatan khususnya di Palembang jika melihat anaknya keasyikan berenang di sungai musi.

Apakah antu banyu  pernah terlihat manusia? Tidak sedikit yang mengaku sudah pernah melihat hantu air ini namun sampai sekarang saya belum pernah mendengar ada yang berhasil memotret antu banyu. Ada juga yang berpendapat kalo Antu Banyu itu sebenarnya adalah makhluk purba, kalo memang demikian maka harus di adakan sebuah penelitian yang terencana dengan matang untuk dapat mengetahui sebenarnya antu banyu itu makhluk yang seperti apa?

Ciri-ciri kalau makhluk itu muncul ketika kita menyentuh air Sungai Musi, maka air di permukaan terasa hangat. Tapi di dalamnya, air tetap dingin atau air di permukaan tenang tapi di dalamnya air berputar-putar.

Beberapa lokasi di Sungai Musi yang disebut-sebut jadi tempat kemunculan Antu Banyu diantaranya, Baguskuning, Gang Lama, Tanggorajo Ki Marogan, Kemas Rindo, Taba Laut, dan Pulokerto. "Yang paling banyak terlihat di Pulokerto. Kalau malam mereka seperti tiang-tiang yang diberi lampu di tengahnya,"

Di lokasi inilah, konon Antu Banyu kerap muncul/detikcom

Ada lagi pendapat yang lebih aneh, pendapat ini datang dari para penggemar film film Alien, mereka mengatakan kalo antu bantu adalah tamu yang tak di undang alias  pendatang dari planet lain, dia memilih sungai musi karena memang sungai itu sangat cocok di jadikan tempat  bersembunyi.

Terlepas dari itu semua cerita tentang antu banyu akan tetap melegenda di benak masyarakat Sumatera Selatan…

Selain menyerang orang yang berenang antu banyu juga menyerang orang yang berperahu, dengan rambutnya yang panjang dan mirip satang antu ini mampu membuat sebuah perahu karam. Saya suka merinding kalo melihat air sungai musi ketika petang datang menjelang.

Karenanya setiap menjelang magrib sangat tidak di anjurkan untuk tetap berenang apalagi ada kepercayaan para setan dan arwah mulai bergentayangan di saat magrib. Cerita Antu Banyu ini saya dengar bersamaan dengan cerita buaya putih dan  hantu selema( nama seorang gadis cantik di jaman belanda)
Ilustrasi

Ketika meninggal selema tidak di terima oleh bumi lalu oleh  seorang ulama jasad selema di anyutkan di sungai musi sejak itu arwahnya gentayangan mendatangi setiap orang yang pernah di kenalnya. Ada beberapa tanda jika selema datang, pertama akan ada aroma kembang tujuh rupa, kedua  ada ketukan perlahan di pintu, ketiga  ada suara perlahan mirip sebuah bisikan,” buka, buka pintu, aku kedinginan di luar…”.

sumber :Detik.com,kompasiana,google


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...