Kamis, 18 Oktober 2012

Ittoqqortoormiit,Kota Dengan Laut Yang 9 Bulan Membeku

posted by: Dunia Andromeda
Kota Ittoqqoortoormiit di Greenland sangat cantik, namun sulit dijangkau wisatawan. Lantaran, selama 9 bulan dalam setahun, laut yang mengelilingi kota ini selalu membeku!

Daerah yang memiliki populasi sekitar 537 penduduk ini sebenarnya punya panorama yang mengagumkan. Warna-warni cerah rumah penduduknya dan bentuknya yang unik seperti lego membuat panoramanya semakin sempurna. Terlebih lagi letaknya yang sulit dijangkau jadi tantangan bagi wisatawan.

Kota Ittoqqortoormiit di timur Greenland, Denmark ini merupakan daerah dengan populasi terkecil. Akan tetapi, kota ini jadi terbesar ketiga di wilayah Greendland. Mengutip situs resmi East Greenland, Selasa (16/10/2012), Walikota Ittoqqortoormiit, Erling Madsen menjelaskan daerah ini merupakan yang paling indah dan unik di Greenland.

Ya, bila melihat kecantikan alamnya, kota ini sangat menarik untuk dikunjungi. Namun sayang, tidak mudah wisatawan untuk menjangkau kota cantik ini. Bagaimana tidak, setiap tahun kota ini selalu terlihat beku dan tertutup es.


Musim dingin yang berkepanjangan membuat laut di sekeliling Ittoqqortoormiit beku selama sembilan bulan. Jadi, hanya tiga bulan dalam setahun laut di sekitar kota ini bisa dilalui kapal!

Kebanyakan traveler yang datang ke kota ini, berprofesi sebagai ilmuwan, peneliti atau traveler yang punya rasa penasaran dan keberanian lebih. Wisatawan yang ingin datang ke kota ini, bisa menggunakan menggunakan dua jalur yaitu jalur udara dan darat. Karena laut yang selalu membeku sepanjang tahun, kebanyakan wisatawan bisa menggunakan menggunakan jalur udara.
Di dekat kota ini, sebenarnya terdapat Heliport, bandara yang lebih pantas disebut helipad. Namun jarangnya penerbangan ke kota menghambat perjalanan sebagian wisatawan. Padahal cukup banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke kota terpencil ini. Bila mau melalui jalur udara, wisatawan harus bersabar menunggu penerbangan yang biasanya hanya dilakukan satu minggu sekali.
Wisatawan bisa merasakan bertualang menjelajah kota menggunakan kereta salju yang ditarik oleh anjing Siberian Husky. Warna cat rumah merah, biru, kuning, dan hijau terlihat sangat menyolok di antara putihnya salju dan es. Udara dingin seringkali membuat traveler yang datang merasa beku.

Perlu Anda tahu, daerah ini juga menjadi tempat tinggal satwa liar, termasuk beruang kutub moskoxen, dan anjing laut. Jauhnya, kota dari keramaian membuat penduduk Ittoqqortoormit harus mempertahankan hidupnya dengan cara berburu. Anjing laut, singa laut, dan beruang kutub menjadi target perburuan mereka.
Dingin dan tentram begitulah kehidupan di Ittoqqortoormiit yang jauh dari hingar-bingar kesibukan kota metropolitan. Hanya karena lokasi yang sulit ditempuh membuat wisatawan harus bersabar untuk menjejakkan kaki Ittoqqortoormiit. Padahal kehidupan penduduk di kota ini sangat bergantung pada hasil perburuan dan pariwisata.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...