Rabu, 25 Juli 2012

Ritual Asyura : Peringatan Kematian Unik Di Iran

posted by: Dunia Andromeda


Iran memang negara penuh sensasi, sebuah negara di Timur Tengah yang paling berani berteriak lantang menentang arogansi Amerika. Kekuatannyapun cukup di perhitungkan oleh negara-negara yang menganggap Iran sebagai Rival mereka, seperti Israel, Amerika dan negara-negara sekutu mereka. Tehnologi negeri inipun sangat di perhitungkan oleh negara-negara lainnya, konon tehnologi nuklir Iran merupakan satu-satunya yang paling canggih di Timur Tengah.


Namun di tengah-tengah modernitas yang di miliki oleh Negeri ini ternyata masih mempertahankan ritual yang menurut sebagian manusia sebagai sebuah ritual yang sangat tradisional, aneh dan tidak masuk akal. Apa ritual tersebut? Yaitu seperti ritual mencambuk diri dengan lempengan besi tajam hingga berdarah-darah dan ritual ini yang paling sering kita dengar. Namun sebenarnya ada ritual lain yang tak kalah aneh dan unik yaitu ritual mandi lumpur dan menginjak bara api di negara tersebut. Ritual-ritual tersebut adalah ritual untuk memperingati kematian Cucu Nabi Muhammad SAW, Hasan dan Husain.
Menurut sebagian orang ritual menyikasa diri untuk memperingati kematian Hasan dan Husain
Cara yang salah bahkan sesat. Mereka beralasan perbuatan tersebut adalah perbuatan Dzolim Li nafsih yang jelas-jelas di larang dalam agama Islam.
Terlepas dari kontroversi tentang ritual ini, pastinya rakyat Iran Syiah sangat menikmati ritual ini. Dan ritual ini cukup unik untuk di jadikan tontonan tahunan.









 
 
 
 



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...