Senin, 03 Desember 2012

Kades Afrika Pimpin Pemerintahan Pakai Twitter

posted by: Dunia Andromeda
Seorang kepala desa di Afrika mempopulerkan penggunaan Twitter demi membantu rakyatnya memecahkan berbagai macam masalah sekaligus menentramkan kondisi keamanan di desanya. 
Francis Kariuki, merupakan kepala desa di Lanet Umoja, sekitar 160 mil dari ibukota Kenya, Nairobi. Dalam usahanya menegakkan keamanan dan menjaga ketentraman desa, ia selalu menggunakan postingan tweet, mulai dari mengusir bandir, mencari anak-anak yang hilang atau binatang yang hlang dan mengatur pengaturan logistik desa. 

Dalam akunnya @chiefkariuki, kepala desa yang satu ini disebut telah banyak membantu penduduk di desanya. Sebagai contoh, Kariuki pernah menyelamatkan seorang guru dan keluarganya dari serbuan bandit yang menyerangnya sebelum subuh. 
Menurut cerita yang dilaporkan oleh AP, Kariuki saat ini mendapatkan permintaan tolong dari telepon. Setelah itu, ia langsyng menuliskan tweet untuk menggerakkan seluruh desa warga membantu dan mengepung penjahat yang ada di rumah guru tersebut. Hasilnya, sang guru pun selamat dan para bandit itu pun lari. 
Cerita lainnya menyebutkan bahwa Kariuki pernah berhasil mengorganisir penyelamatan terhadap seorang laki-laki yang jatuh ke dalam lubang jamban. Ada juga saat Kariuki membantu pencarian domba yang hilang. 

Kariuki mengaku meski dirinya hanya mempunyai sekitar 400 follower, namun pesannya seringkali bisa mencapai ke berbagai aerah yang mempunyai penduduk hingga 28.000 jiwa. 
Hal itu terjadi karena banyak dari warga desa yang mendapatkan pesan twitternya melalui layanan pesan pendek atau sms yang diteruskan oleh warga desa lain atau lewat aplikasi ponsel biasa. 

"Twitter membantu saya menghemat waktu dan uang. Saya tidak perlu meulis surat atau mencetak poster yang akhirnya memakan waktu untuk disebarkan dan biaya yang sangat mahal," katanya seperti yang dikutip Mashable

(Mashable,AP)




Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...