Sabtu, 22 September 2012

Terbesar di Dunia : Taman Ini Justru Dibuat Di Tembok !

posted by: Dunia Andromeda
Biasanya taman diciptakan di tanah kosong atau halaman. Tujuannya tentu saja untuk mempercantik sebuah bangunan atau pemandangan. Tapi di Italia, ada sebuah trend baru di mana taman diciptakan bukan lagi di halaman atau tanah kosong, melainkan di tembok.


Ide unik nan aspiratif ini dilakukan oleh sebuah pusat perbelanjaan Il Fiordaliso Shopping Center di Milan. Seluruh bagian dinding temboknya dilapisi oleh ribuan tanaman. Ada sekitar 44 ribu jenis tanaman yang ditanam di tembok bangunan seluas 1.263 meter persegi.

Proyek pembangunan taman vertikal ini dibuat oleh arsitek asal Prancis, Fancesco Bollani. Bersama dengan timnya, ia berhasil mendesain taman tersebut sebelum akhirnya diresmikan 2010 silam. Dan kini taman tersebut mendapatkan sertifikasi Guiness World Record pada pekan ini.

"Kami butuh satu tahun untuk menumbuhkan tanaman di rumah kaca dan 90 hari untuk membangun fasad-nya. Rasanya seperti membangun Lego raksasa," tutur Francesco. Namun ia mengaku pembuatan taman ini jauh lebih mudah daripada taman vertikal yang asli karena ia mengembangkan metode sendiri.


Karena memakai tanaman asli, Francesco menegaskan seluruh tanaman membutuhkan perawatan spesial dari ahli. Namun terlepas dari biaya yang dikeluarkan, ia menyebut taman itu memiliki keuntungan terhadap lingkungan. Dengan taman yang tumbuh mengelilingi seluruh tembok diklaim membuat suhu udara di dalam ruangan menjadi lebih sejuk karena mampu menyeram sinar matahari.






Selain itu, taman tersebut juga diklaim mampu menyerap karbondioksida dan meredam kebisingan yang dihasilkan dari lingkungan di luar gedung.

Meski mencatatkan dirinya sebagai taman vertikal terbesar, namun ide pembuatan taman di tembok ini bukan menjadi yang pertama. Ide pembuatan taman vertikal ini telah dikembangkan sejak tahun 1923. Dan rekor taman vertikal terbesar sebelumnya dipegang oleh taman vertikal di Madrid, Spanyol, yang luasnya 844 meter persegi.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...