Selasa, 11 September 2012

Inikah Inspirasi Disain Produk-Produk Apple? Mirip ?

posted by: Dunia Andromeda
Keberhasilan besar produk Apple selama 15 tahun terakhir  terkait dengan sebagian desain mereka yang sangat ikonik.
Tetapi Steve Jobs, Apple co-founder dan mantan CEO, dan Jonathan Ive, Senior Vice Presiden perusahaan Desain Industri, terinspirasi oleh produk yang dirancang oleh produen barang konsumen Jerman, Braun pada tahun 1950 dan 1960-an?


Bukti visual menarik, disusun oleh Cult of Mac, menunjukkan sejumlah produk Apple yang memiliki lebih dari kemiripan sekilas untuk kesederhanaan desain Braun lebih dari 60 tahun yang lalu.

IPod asli dari tahun 2001, misalnya, memiliki kesamaan dengan radio saku Braun T3 dari 1958. Produk lain yang menunjukkan pengaruh Braun termasuk G5 PowerMac, iMac 2007 dan bahkan app kalkulator iPhone dari tahun 2007.

Pada tahun 1998, Apple meluncurkan iMac, komputer yang membantu menaikkan perusahaan yang pada saat itu berjuang. Dirancang oleh Ive, atas keberhasilan tersebut ia digembar-gemborkan sebagai seorang 'guru' desain.
Ive telah lama mengakui pengaruh pada karyanya dari Dieter Rams, yang mana adalah kepala desainer Braun selama hampir 30 tahun. Pada tahun 2011, Ive menulis  kelanjutan untuk buku Dieter Rams 'As Little Design As Possible'.

'Apa yang Dieter Rams dan timnya di Braun lakukan adalah untuk menghasilkan ratusan benda indah yang disusun dan dirancang: produk yang indah dibuat dalam volume tinggi dan dapat diakses secara luas', tulisnya.

Untuk perannya tersebut, Rams memahami dan menganggap produk Apple - dan pujian Ive - sebagai pujian.

 





(DAILYMAIL.CO.UK)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...