Rabu, 18 Juli 2012

Hmmm...Begini Rupanya Lingerie Dari Abad Pertengahan

posted by: Dunia Andromeda

Industri pakaian dalam sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Namun waktu pasti mengenai awal perkembangannya masih menjadi tanda tanya. Dari banyak catatan literatur, industri pakaian dalam untuk wanita disebut lebih lambat berkembangnya dibandingkan pria. Industri yang memproduksi pakaian semisal bra atau celana model lingerie baru dimulai sejak 200 tahun yang lalu.



Tapi kini fakta tersebut kembali terbantahkan setelah ditemukannya sepasang potongan lingerie yang ditaksir berusia 500 tahun, Lingerie tersebut ditemukan di dalam sebuah lemari di Austria. Kain dalam lemari itu tersembunyi di bawah papan lantai dari sebuah kastil tua dari abad ke-15.


Walau sedikit berbeda, khususnya pada bagian bra yang terliha lebih sopan, namun tampilan lingerie yang ditemukan memiliki kemiripan dengan bikini yang banyak dipakai saat ini.


duniaandromedaku.blogspot.comPenemuan ini jelas membantah catatan sejarak fashion mengenai pakaian dalam wanita. Dari literatur fashion yang ada, harian Daily Mail menyebut bahwa pakaian dalam wanita baru ditemukan akhir abad ke-18.


Hilary Davidson, seorang kurator fashion di Museum of London, mengatakan temuan tersebut mengkoreksi catatan sejarah fashion yang telah ada. Selain di Austria, model pakaian dalam seperti ini juga diyakini sudah populer di kalangan atas Inggris pada masa itu.



Temuan pakaian dalam yang diprediksi berasal dari abad ke-15.


"Ini adalah temuan wawasan yang sangat menarik ke dalam cara orang berpakaian di Abad duniaandromedaku.blogspot.comPertengahan," katanya. "Sangat jarang pakaian sehari-hari seperti ini mampu bertahan dari masa itu, terlebih lagi ini adalah pakaian dalam."



Jika dipakai, maka pakaian ini akan menjadi satu set lingeri seperti yang telah populer saar ini.


Pakaian dalam ini merupakan salah satu dari 3.000 pakaian dan benda lain yang ditemukan di Lengberg Castle, East Tyrol. Pakaian ini diperkirakan terkubur ketika bangunan itu direhabilitasi oleh pemilik pada tahun 1490 sebelum akhirnya ditemukan kembali oleh pihak pengelola yang juga sedang merenovasi bangunan kastil.



Kastil Lengberg di East Tyrol, Austria, tempat ditemukannya lingerie tua itu.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...