Senin, 26 Maret 2012

Tradisi "Bau Nyale" di Pantai Kaliantan Lombok

posted by: Dunia Andromeda

Panorama pantai ini sangat indah dan masih asli dengan hamparan pasir putih dan airnya yang jernih. Di pantai ini sebagai tempat event Pesta Rakyat Bau Nyale setiap tahunnya sekitar bulan Februari selain Pantai Kuta. Tradisi "Bau Nyale" sendiri sebenarnya merupakan upacara untuk mengenang Putri Mandalika.

Pantai Kaliantan sendiri terletak di Desa Kaliantan, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Berjarak sekitar 72 km dari Kota Mataram. Kendala utama untuk mengakses ke pantai tersebut adalah tidak tersedianya angkutan umum yang langsung menuju pantai tersebut. Angkutan yang ada hanya sampai Kecamatan Jerowaru saja. Jadi, untuk mncapai Pantai Kaliantan, pilihan yang tepat adalah menggunakan mobil pribadi atau sewaan.


Selain itu pantai Pantai Kaliantan ini juga sepi. Namun kondisi sepi inilah yang justru menjadi daya tarik bagi wisatawan yang menyukai suasana tenang. Pantai ini adalah rekomendasi wisata pantai bagi jenis wisatawan yang menyukai suasana yang sepi dan damai.
Cacing Nyale

Tradisi Menangkap Nyale


Irama ombak pantai ini tenang dengan gulungan lumayan jauh dari pantai. Pasirnya berwarna putih dengan bentuk bulat serupa gula pasir. Pantainya landai dengan beberapa bukit-bukit kecil di beberapa bagian. Salah satu hal yang paling istimewa dari Pantai Kaliantan ini adalah kondisinya sama sekali bebas dari sampah!


Ketika hari beranjak sore, keindahan pantai ini mengusir rasa panas yang terasa. Kesunyiannya memberikan kedamaian dan ketenangan. Jika berkunjung ke pantai ini pada sore hari untuk menikmati sunset usahakan datang berombongan atau ditemani oleh warga desa sekitar pantai demi alasan keamanan.



Hal ini berarti menyenangkan untuk berenang dan bermain air di pantai ini. Keindahan bawah lautnya juga tidak kalah dengan spot-spot snorkeling di pantai lainnya di Pulau Lombok. Patut diperhatikan agar tidak berenang terlalu jauh karena tidak ada petugas penyelamat.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...