posted by: Dunia Andromeda
Info unik yang berharga.,, jangan terlewatkan dan share ini ke temanmu
... :)
FERRARI S.p.A., adalah sebuah
pabrikan/produsen mobil sport yang bermarkas di Maranello, Italia.
Didirikan oleh Enzo Ferrari pada 1928 dengan nama Scuderia Ferrari.
Perusahaan ini awalnya hanya berkonsentrasi untuk mengontrak pembalap
dan memproduksi mobil balapan. Akan tetapi, sejak tahun 1947 mulai
memproduksi mobil jalanan mewah untuk konsumsi umum. Sepanjang
sejarahnya, Ferrari terkenal mengikuti beberapa kontes balapan,
terutama Formula Satu, ajang di mana mereka telah meraih kesuksesan
besar.
Setelah
melalui tahun-tahun perjuangannya, Enzo Ferrari menjual divisi mobil
sport Ferrari ke grup Fiat pada 1969 untuk kelangsungan perusahaannya.
Namun, Enzo Ferrari tetap mengontrol divisi balapnya sampai ia
meninggal pada tahun 1988 di usia 90. Sebelum meninggal ia masih
sempat meluncurkan mobil Ferrari F40, yang dikenal sebagai salah satu
mobil terbaik yang diproduksi Ferrari.
Perusahaan Ferrari
juga mengelola divisi merchandising yang mengizinkan merek dagangnya
ditempelkan di sejumlah produk seperti kacamata sunblock, pena,
peralatan elektronik, parfum, busana, sepeda canggih, arloji, ponsel
sampai komputer jinjing.
Pada tahun 2007, suratkabar Financial Times
menempatkan Ferrari di puncak teratas daftar 100 perusahaan terbaik
Eropa.
Scuderia Ferrari
Enzo Ferrari
mulanya tak pernah bermaksud memproduksi mobil jalanan ketika ia
membentuk Scuderia Ferrari tahun 1929. Scuderia Ferrari (dieja: ree skoo deh ah) secara harfiah
berarti “Si Stabil Ferrari”, istilah yang biasanya ditujukan untuk tim
balap Ferrari. Awalnya Scuderia Ferrari yang masa itu bermarkas di
Modena, Italia, hanyalah sebuah divisi teknik balap dari pabrikan
mobil Alfa Romeo. Di Alfa Romeo, Enzo mengepalai divisi balapan
tersebut yang bertugas menyiapkan mobil dan pembalap untuk mengikuti
kejuaraan.
Tahun 1941, pabrikan Alfa Romeo disita oleh
pemerintah fasis Mussolini. Enzo kemudian memutuskan membentuk
perusahaannya sendiri dengan tetap memakai nama Scuderia Ferrari. Di
masa ini karena tim Ferrari masih dilarang membalap, pabrikan terpaksa
beralih memproduksi mesin dan aksesoris pesawat terbang. Nama
pabrikan pun sempat berubah menjadi Auto Avio Costruzioni Ferrari.
Walaupun begitu, di masa sulitnya ini Ferrari di bawah bendera
Scuderia Enzo Ferrari Auto Corse sempat memproduksi satu mobil balapan
yang bernama Tipo 815, namun karena masa itu di dunia masih
berkecamuk Perang Dunia II, mobil tersebut tidak terlalu dikenal
orang.
Tahun 1943, pabrik Ferrari berpindah ke Maranello
yang hingga kini masih tetap menjadi markas besar mereka. Sayangnya,
pabrik ini dibom oleh pasukan sekutu pada tahun 1944. Setelah perang
berakhir, tepatnya tahun 1946, pabrik dibangun kembali dan sejak itu
Ferrari tidak saja memproduksi mobil balapan, namun juga mengembangkan
sayapnya memproduksi mobil jalanan untuk konsumsi umum.
Mobil jalanan
pertama yang diproduksi oleh Ferrari adalah, 1947 125 S, bermesin 1.5 L
V12. Mobil-mobil jalanan produksi Ferrari dengan cepat memikat banyak
orang. Namun sayang Enzo Ferrari tidak terlalu serius mengelolanya
dan lebih mengembangkan produksi mobil balapnya. Hasil penjualan mobil
jalanan sebagian besar diperuntukkan bagi pengembangan mobil
balapnya.
Ferrari di Kompetisi Balap
Tahun 1949,
untuk pertama kalinya Ferrari meraih gelar pertamanya di kompetisi
balap lewat pembalap Luigi Chinetti yang memenangkan Lomba Ketahanan
Mobil 24 jam Le Mans memakai mobil 166M. Selanjutnya Ferrari mulai
mendominasi Kejuaraan Mobil Sport Sedunia yang mulai diselengarakan
sejak 1953. Di ajang ini, Ferrari meraih gelar juara konstruktor tujuh
kali di sembilan kesempatan pertama.
Ketika mulai tahun 1962 kejuaraan
berubah format, Ferrari masih sempat meraih gelar di tahun 1966,
kemudian tahun 1968, dan terakhir tahun 1972. Setelah itu, Enzo
Ferrari memutuskan Scuderia hanya akan berkonsentrasi di kejuaraan
Formula 1 saja.
Namun meskipun sejak 1973 Ferrari sudah tidak
lagi mengikuti kejuaraan dunia mobil sport, mereka masih sempat
memproduksi beberapa mobil unggulan yang dipakai oleh tim-tim lain.
Mobil-mobil tersebut yaitu: 512BB/LM, 333 SP yang memenangkan
kejuaraan IMSA GT di era 90-an, F430 GT2 dan GT3.
Formula Satu
Scuderia Ferrari mengikuti kejuaraan Formula Satu
sejak awal penyelenggaraannya pada 1950. Tahun berikutnya, mereka
meraih kemenangan sirkuit pertamanya di Gran Prix Inggris Raya lewat
pembalap Froilán José González. Tahun 1952, Ferrari langsung meraih
gelar juara dunia pertamanya di ajang ini lewat pembalap Alberto
Ascari.
Hingga saat ini, Ferrari adalah tim tertua dan
tersukses yang masih berkompetisi di ajang Formula Satu. Mereka
memegang hampir semua rekor yang pernah dicatat di ajang ini.
Rekor-rekor tersebut adalah 15 kali juara dunia pembalap (tahun 1952,
1953, 1956, 1958, 1961, 1964, 1975, 1977, 1979, 2000, 2001, 2002,
2003, 2004 dan 2007), 16 kali juara dunia konstruktor (tahun 1961,
1964, 1975, 1976, 1977, 1979, 1982, 1983, 1999, 2000, 2001, 2002,
2003, 2004, 2007 dan 2008), 201 kali kemenangan Grand Prix, total
poin: 4753,27 poin, 603 kali finis podium, 195 kali pole position,
12,489 kali memimpin lap, dan 205 kali lap tercepat. Semua rekor ini
dibukukan dalam 758 kali balapan Grand Prix.
Sedangkan para pembalap yang pernah
memperkuat Ferrari adalah: Tazio Nuvolari, José Froilán González, Juan
Manuel Fangio, Luigi Chinetti, Alberto Ascari, Wolfgang von Trips,
Phil Hill, Olivier Gendebien, Mike Hawthorn, Peter Collins, Giancarlo
Baghetti, John Surtees, Lorenzo Bandini, Ludovico Scarfiotti, Jacky
Ickx, Mario Andretti, Clay Regazzoni, Niki Lauda, Carlos Reutemann,
Jody Scheckter, Gilles Villeneuve, Didier Pironi, Patrick Tambay,
Michele Alboreto, Gerhard Berger, Nigel Mansell, Alain Prost, Jean
Alesi, Eddie Irvine, Rubens Barrichello, Michael Schumacher, Kimi
Räikkönen dan Felipe Massa.
Tahun 2006, Ferrari membuat langkah
kontroversial saat mereka meneruskan kontrak sponsornya dengan
produsen rokok asal AS, Marlboro. Padahal sebelumnya mereka telah
terikat kesepakatan bersama dengan tim balapan lain untuk tidak
menggunakan sponsor rokok di kompetisi Formula Satu. Kesepakatan
kontrak antara Ferrari dan Marlboro diperkirakan bernilai sekitar 500
juta dolar AS dengan masa durasi lima tahun.
Riwayat si Kuda Jingkrak (Cavallino Rampante)
Simbol yang
terkenal untuk tim balap Ferrari adalah kuda jingkrak (bahasa Italia:
Cavallino Rampante) berwarna hitam dengan latar belakang perisai
kuning, yang ditambahkan inisial huruf SF (untuk Scuderia Ferrari), dan
tiga strip garis hijau, putih dan merah (warna bendera nasional
Italia). Sedangkan lambang yang digunakan di mobil jalanan Ferrari ialah
lambang kuda jingkrak yang terpasang di hidung mobil dan pada
beberapa model tertentu lambang juga terpasang di kedua sisi mobil.
Asal mula
digunakannya simbol kuda jingkrak berawal saat Enzo Ferrari
memenangkan sebuah ajang reli yang digelar di Ravenna, Italia. Setelah
ajang reli selesai dia berjumpa dengan Countess Paolina, ibu dari Count
Francesco Baracca, seorang pilot terkenal Italia yang juga adalah
pahlawan Perang Dunia I. Count Francesco Baracca dikenal selalu memasang
gambar kuda jingkrak di badan pesawatnya. Singkatnya, Countess
Paolina lalu meminta Enzo Ferrari untuk memasang gambar kuda jingkrak
di setiap mobil Ferrari untuk mendatangkan kemujuran.
Enzo lalu
mendesain ulang gambar kuda jingkrak yang nantinya akan digunakan di
setiap mobil Ferrari. Hasil desainnya agak sedikit berbeda dengan
gambar kuda jingkrak versinya Count di mana ia mengganti warna gambar
kuda dari merah menjadi hitam (sebagai penghormatan kepada Count yang
gugur dalam sebuah pertempuran udara) dan mengubah arah kibasan ekor
kuda menjadi menghadap ke atas. Enzo juga menambahkan warna latar kuning
di belakang gambar kuda jingkrak sebagai penghormatan kepada kota
kelahirannya, Modena, yang juga memakai warna sama di lambang kota.
Ferrari mulai
menggunakan lambang kuda jingkrak sebagai lambang resmi perusahaan
pada 1929. Lambang kuda jingkrak juga sempat dipakai oleh tim balap
Ferrari saat mereka masih bernaung di bawah pabrikan Alfa Romeo pada
1932.
Namun, motif gambar kuda jingkrak ini sebenarnya
sudah lama ada karena motif serupa dapat ditemukan di koin-koin kuno
peninggalan kerajaan Rowawi tempo dulu. Itulah sebabnya mengapa
Ferrari bukan satu-satunya pemakai gambar kuda jingkrak. Kota
Stuttgart di Jerman juga memakai gambar kuda jingkrak sebagai lambang
kota. Di Stuttgart sendiri ada dua pabrikan mobil terkenal yang
bermarkas di sana, yaitu Mercedes-Benz dan Porsche. Dua pabrikan ini
merupakan saingan utama Ferrari dan Alfa Romeo di ajang balapan era
1930-an. Nama kota Stuttgart berasal dari kata bahasa Jerman lama, Stutengarten, yang berarti kuda
jantan dan jika diterjemahkan ke bahasa Italia menjadi Scuderia. Sebagai catatan, Porsche
juga mengadopsi simbol kuda jingkraknya kota Stuttgart sebagai lambang
perusahaannnya. Dua perusahaan lain yang juga memakai lambang serupa
adalah: Avanti (perusahaan retail bahan bakar Austria), dan Iron Horse
Bicycles (pabrikan sepeda asal AS).
Fabio Taglioni, seorang pembalap
sepeda motor tim Ducati asal Italia, juga sempat memakai lambang kuda
jingkrak di sepeda motornya. Tagliano menggunakan lambang tersebut
karena ayahnya juga adalah salah seorang pilot Italia di Perang Dunia
I, walaupun tidak satu skuadron dengan Count Francesco Baracca. Tetapi
setelah era pembalap ini selesai, Ducati, yang kemungkinan sudah
bersepakat dengan Ferrari, tidak lagi memakai lambang kuda jingkrak di
sepeda motor mereka.
Kini, lambang kuda jingrak dan frase Cavallino
Rampante (The Prancing Horse/Kuda Jingkrak) telah dipatenkan oleh
Ferrari walaupun ada beberapa perusahaan lain yang menggunakan lambang
dan nama yang hampir sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar