Kamis, 29 Maret 2012

Ekspresi Lucu Orang Utan Borneo (Photo)

posted by: Dunia Andromeda
Borneo – Keberadaan orang utan semakin terancam dengan maraknya pembukaan hutan yang difungsikan sebagai lahan perkebunan kelapa sawit. Habitat orang utan semakin sempit dan menyebabkan mereka tidak bisa bertahan hidup. Parahnya lagi, orang utan diburu sehingga populasinya semakin berkurang.


Padahal, orang utan itu lucu. Seperti foto yang diambil oleh fotografer British National Geographic, Charlie Hamilton. Ia mengabadikan momen lucu yang dilakukan oleh orang utan, saat menjelajah pulau Borneo.
Salah satu ekspresi yang sangat lucu dari salah satu anak orang utan Borneo (Dok. Dailymail)
Borneo terdiri atas tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Selama di Borneo, Hamilton mengunjungi pusat penampungan orang utan yang tergusur dari habitatnya. Pusat penampungan yang dikunjunginya adalah Seplikok di Malaysia dan Nyaru di Kalimantan Tengah.

Hamilton melihat banyak bayi orang utan yang tidak mempunyai induknya lagi. Seperti di Nyaru, ada 650 anak orang utan yang dirawat oleh 170 orang petugas. Menurutnya, orang utan itu sangat mirip dengan manusia. Mereka beinteraksi dengan orang-orang yang merawatnya.


"Orang utan sangat pintar. Hewan ini menjalin hubungan yang sangat dekat dengan penjaganya. Mereka terlihat manja dan seperti anak manusia yang diadopsi," tuturnya.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...