posted by: Dunia Andromeda
Google sampai saat ini masih dianggap sebagai Search Engine nomer satu,
dan juga terfavorit dibanding kebanyakan search engine yang lain. Selain
memiliki tampilan situs yang sangat sederhana, Google juga menyediakan
hasil pencarian yang akurat. Sistem pengindeksan-nya yang otomatis
membuat Google nyaris tanpa kompromi dan adil, artinya tanpa campur
tangan manusia, semua situs dan blog entah besar dan kecil, pemain baru
atau lama mendapatkan kesempatan yang nyaris sama.
INTEGRITAS SEARCH ENGINE
Salah satu alasan kenapa search engine yang ada sebelum Google menurun
popularitas dan kegunaannya adalah munculnya Paid Listing. Di mana
search engine yang "lapar" akan bayaran/penghasilan menjual posisi dalam
hasil pencarian kepada para pemasang iklan.
Pelemahan terhadap obyektivitas tersebut meracuni hasil pencarian dan
meremehkan prinsip popularitas yang dimiliki situs web. Perbedaan antara
search engine, yang seharusnya menampilkan hasil yang anda cari, dengan
saluran browser, yang membawa anda ke bisnis affiliasi, mengabur.
Walaupun banyak search engine yang menolak menjual posisi dalam hasil
pencarian mereka, keraguan dan ketidakpercayaan telanjur menyebar di
hati para pengguna.
Integritas Google terlihat dari halaman situs mereka yang bersih dari
segala macam tetek-bengek, dan semata-mata menonjolkan satu hal yaitu
kata "Search". Memang Google menerima iklan, tetapi iklan yang mereka
terima dipisahkan dari hasil pencarian. Mungkin tidak semua orang setuju
dengan cara Google merangking hasil pencarian, tetapi tidak ada seorang
pun yang mengira bahwa rangking teratas di hasil pencarian Google bisa
dibeli.
Nah, tetapi bagaimana sebenarnya cara kerja Google dan search engine
secara umum ? Artikel ini bermaksud menjawab hal tersebut secara
sederhana.
CARA KERJA DASAR SEARCH ENGINE
Semua
search engine (mesin pencari) bekerja dengan cara dasar yang sama :
mereka "merayapi" (crawl) halaman web dengan software robot otomatis
disebut Spider (laba-laba) atau Crawler (perayap) yang
menghasilkan/menciptakan Indeks (daftar) isi web yang bisa
dicari/ditemukan oleh para pengguna. Setiap search engine mengijinkan
para penggunanya untuk mencari di dalam daftar (indeks) yang mesin
pencari itu miliki, untuk sebuah Keyword (kata kunci) atau sekumpulan
keyword. Hasil pencarian ditampilkan dalam berbagai bentuk daftar,
tetapi kebanyakan menampilkan sedikit informasi mengenai setiap web yang
masuk dalam daftar dan link yang mengarah ke web tersebut.
Cara setiap search engine membuat daftar sangat unik, berkat pemrograman
mesin spider yang berbeda satu sama lain. Unsur utama dalam pemrograman
spider adalah pada algoritma mesin pencari tersebut, yang menentukan
rangking dari setiap halaman web yang didaftar. Sistem rangking tersebut
menentukan cara hasil pencarian ditampilkan.
CARA KERJA GOOGLE
Aset teknologi utama Google adalah pada sistem algoritma yang mereka
miliki, formula sistem rangking rumit yang memberikan pada para pemakai,
hasil pencarian yang bagus dan seringkali terkesan seolah Google mampu
membaca pikiran dari setiap orang yang mencari lewat mesin pencari
raksasa ini.
Hasil dari sistem algoritma dirangkum dalam sebuah statistik rangking
tunggal yang disebut PageRank, Google sangat merahasiakan formula
PageRank ini, tetapi perusahaan tersebut mempromosikan pentingnya
PageRank, dan menawarkan pada para Webmaster petunjuk-petunjuk umum
untuk meningkatkan PageRank. Google menunjukkan sistem penilaian
rata-rata dari setiap situs (dalam skala 0-10) dalam toolbar Google.
Walaupun formula tepat dirahasiakan, tetapi ramuan dasar PageRank ini
dikenal publik.
KAPAN GOOGLE MENGINDEKS/MERAYAP?
Google merayapi situs di Internet dengan kedalaman berbeda dan dengan
pengaturan jadwal lebih dari sekali. Yang disebut Deep Crawl (merayap
dalam) dilakukan paling tidak sekali dalam 1 bulan.
Berkaitan dengan rumitnya proses pembuatan daftar dan kebutuhan akan
pembuatan daftar isi web secara ekstensif, diperlukan waktu lebih dari 1
minggu untuk melakukan perayapan. Karena itu diperlukan waktu 6 minggu
untuk sebuah web atau blog baru supaya masuk dalam daftar Google.
DEEP CRAWLER DAN FRESH CRAWLER
Google bergantung sepenuhnya pada deep crawl ini, tetapi hasil dari deep
crawl bisa cepat kadaluarsa terkait dengan cepatnya perubahan di dunia
internet. Karenanya Google meluncurkan fresh crawl yang secara singkat
mengunjungi situs-situs di Internet lebih sering daripada deep crawl.
Memang hasil fresh crawl ini tidak akan mengubah keseluruhan indeks yang
dimiliki Google, tapi akan mengupdate isi dari sebagian web/blog.
Google tidak mengumumkan jadwal fresh crawl ini dan situs/blog apa yang
dijadikan target, tetapi para Webmaster bisa mengetahui jadwal tersebut
lewat penyelidikan yang seksama.
Google tidak punya kewajiban untuk mengunjungi URL khusus apapun,
dengan fresh crawl mereka. Situs-situs dan blog bisa meningkatkan
kesempatan untuk lebih sering dikunjungi Google dengan mengupdate konten
mereka secara teratur. Ingat sisi kedangkalan dari fresh crawl, Google
mungkin mengunjungi halaman depan dari situs atau blog anda, tetapi
mungkin tidak mengunjungi halaman lain.
Deep Crawl bersifat lebih otomatis dan tanpa pertimbangan serta lebih
teliti daripada Fresh Crawl. Kesempatan baik datang bila saat jadwal
deep crawl, link-link dari halaman baru sudah tercantum di halaman
utama, sehingga deep crawl akan mengindeks halaman baru itu juga. Tidak
semua halaman dari sebuah situs akan dimasukkan dalam indeks oleh
Google, proses pertimbangannya adalah rahasia perusahaan tersebut.
Karenanya, bila anda merasa ada sebuah halaman atau artikel penting yang
anda miliki tidak terindeks di Google, yang bisa anda lakukan adalah
memaksimalkan promosi.
Satu hal yang Google banggakan dari kecanggihan sistem mereka adalah bahwa proses pembuatan indeks berlangsung secara otomatis. Sehingga tidak ada campur tangan dari manusia sama sekali, termasuk para teknisi Google (tentu mereka mengendalikan si robot Spider,
tapi mereka tidak campur tangan pada hasilnya). Jadi akan sia-sia bila
anda berpikir mereka akan merespon keluhan anda mengenai hasil
pengindeksan terhadap blog atau situs anda.
DAFTAR ISTILAH :
Crawl : Proses di mana
software robot yang dimiliki search engine menjelajahi semua situs dan
blog yang ada di Internet. Dalam bahasa Indonesia disebut juga merayap.
Spider : Nama software
robot yang dimiliki oleh search engine yang digunakan untuk mengindeks.
Software robot lain mungkin disebut Crawler.
Indeks : Daftar yang
dimiliki masing-masing search engine mengenai isi setiap situs dan blog
di dunia Internet. Daftar ini mungkin terdiri dari jutaan kategori dan
kata. Setiap kita melakukan pencarian lewat search engine, search engine
yang bersangkutan akan mengakses indeks mereka, untuk mencari
situs/blog yang memuat informasi yang anda inginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar