Sabtu, 25 Mei 2013

Liu Lingchao : Pria China Ini Membawa Rumahnya Berpindah-Pindah

posted by: Dunia Andromeda
(Foto) Pria China Ini Membawa Rumahnya Berpindah-pindah
Seorang pengumpul botol asal China, Liu Lingchao (38 tahun) yang berprofesi sebagai pemulung barang bekas (botol-botol bekas) hidupnya selalu berpindah-pindah karena profesinya tersebut.
Liu Lingchao
Liu bekerja sebagai pemulung dan pengumpul botol-botol bekas

Sebagai pemulung, Liu yang berasaldari Provinsi Guangxi tidak mempunyai tempat tinggal tetap. Ia berinisiatif membuat "rumah" sebagai tempat berteduh sejak 5 tahun lalu. "Rumah" yang dimaksud disini bukanlah rumah seperti yang kita tempati, melainkan lebih layak disebut sebagai bedeng portable atau tenda.


RumahPortabel Liu Lingchao
Liu tinggal memanggul rumahnya kalau ingin pindah tempat

Rumah itu dibuat dari bambu, kertas, dan plastik film yang dapat ia pindah-pindahkan atau bawa pergi kemana pun ia mau. Berat total "rumah" milik Liu adalah sekitar 60 kg. Ia mengatakan, "Saya bisa pindah dan pergi kemana saja saya mau. Tidak sulit, kan?".


Liu sedang beraktivitas di dalam rumahnya

"Saya bisa menghemat banyak uang, saya merasa bebas kemana pun saya ingin pergi. Sebab saya memiliki 'rumah' sendiri", tambahnya. Apabila ia ingin berpindah tempat, ia tinggal memanggul rumahnya ke tempat yang baru.

Kalau malam tiba, Liu tidur nyenyak di rumahnya

Kehidupan yang Liu jalani ini merupakan potret betapa kerasnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan dan bertahan hidup di China karena jumlah penduduk yang besar.

(Yahoo, The Sun)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...