Rabu, 15 Mei 2013

Hebat ! 3 Mahasiswa ITB Terpilih Mewakili Indonesia Mengikuti Program Penelitian Nuklir CERN Di Jenewa, Swiss

posted by: Dunia Andromeda
HEBAT! Tiga mahasiswa ITB terpilih mewakili Indonesia mengikuti program penelitian nuklir CERN di Jenewa, Swiss.
Tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) terpilih untuk mewakili Indonesia untuk pertama kalinya dalam mengikuti program di organisasi penelitian nuklir Eropa, CERN, di Jenewa, Swiss.
Partisipasi mahasiswa Indonesia di CSSP 2013 merupakan momen bersejarah karena menandai awal keterlibatan Indonesia secara langsung pada kolaborasi ilmiah global terbesar di dunia, CERN, kata LT Handoko, dari Pusat Penelitian Informatika dan Pusat Penelitian Fisika, LIPI, yang juga merupakan kontak CERN di Indonesia.

Tiga mahasiswa ITB yang terpilih adalah Nathaniel Chandra Harjanto (Teknik Fisika), Muhammad Firmansyah Kasim (Teknik Elektro), dan Imre Nagi (Teknik Elektro).

Program musim panas mahasiswa di CERN akan diikuti sekitar 250 mahasiswa dari seluruh dunia yang telah melalui seleksi CERN.

Para peserta CSSP tidak hanya mengikuti perkuliahan terkait, tetapi juga akan dilibatkan secara langsung di aneka eksperimen dalam bentuk berbagai proyek penelitian terdepan di CERN, kata Handoko.

Ia mengatakan kemungkinan salah seorang dari mahasiswa Indonesia akan dilibatkan pada penelitian dengan bimbingan Haryo Sumowidadgo, ilmuwan Indonesia yang bekerja di CERN.

Handoko juga mengatakan dalam pernyataan yang diterima BBC, seleksi untuk mahasiswa Indonesia termasuk dengan melihat potensi siswa untuk meneruskan studi dan menekuni bidang fisika partikel eksperimental atau sains terapan.

Program musim panas di organisasi penelitian nuklir Eropa ini terbuka untuk seluruh mahasiswa dengan latar belakang fisika eksperimen maupun terapan serta bidang teknik rekayasa dan informatika.



BBC | Reuters


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...