Kamis, 02 Mei 2013

Anti Islam Merebak Lagi Di Myanmar, Masjid-masjid Dirusak & Dijarah

posted by: Dunia Andromeda
(Foto) Anti Islam Merebak Lagi Di Myanmar, Masjid-masjid Dirusak & Dijarah
Sedikitnya satu orang tewas dan 10 lainnya luka-luka di Myanmar tengah setelah sekelompok umat Buddha membakar ratusan rumah dan menggeruduk 2 masjid saat terjadi aksi anti-Islam pada 30 April 2013 di Okkan (110 km sebelah utara Yangoon)

Di Chauk Tal, sebuah desa terpencil di Okkan, luapan api masih menyala sampai Selasa 30 April 2013 malam waktu setempat dan meluluhl-lantakkan sejumlah bangunan yang membuat kepanikan warga desa tersebut.
Kerusuhan Anti Islam di Myanmar
Sebelumnya kebakaran melanda masjid yang menjadi pesantren di Yangon pada 2 April 2013 akibat diserbu


Sejumlah warga mengatakan, sebanyak  sekitar 400 umat Buddha bersenjatakan batu bata dan tongkat menyerbu kawasan tempat tinggal mereka. Sasaran penyerangan adalah toko-toko milik umat muslim dan masjid. Pemerintah mengerahkan sekitar 20 petugas kepolisian guna mengamankan kawasan dan pertokoan di sana.

Kerusihan Anti Islam di Myanmar
Rumah warga yang di rusak akibat penyerbuan

Kerusuhan Anti Islam Di Myanmar
Masjid yang dirusak dan dijarah di Okkan


Di Okkan, dua masjid diserbu dan dijarah. Sedangkan lebih dari 100 rumah warga muslim di tiga desa dibakar. "Mereka menyerbu pada pukul 01.00 dinihari, dan hampir seluruh penyerbu berasal dari kota ini, bukan dari luar kota. Jumlah mereka sekitar 50 orang," kata Khin Maung Than, 60 tahun, penjaga toko di Okkan.

(Al Jazeera, The Hindu, Huffington Post)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...