Kamis, 11 Oktober 2012

Phi Ta Khon , Festival Para Hantu (Perayaanya Menunggu Bisikan Gaib)

posted by: Dunia Andromeda
Dan Sai - Arwah dan hantu, rupanya memang lekat dalam kebudayaan Thailand. Datanglah ke Phi Ta Khon, atau Festival Hantu di Dan Sai. Ini adalah pawai unik yang waktu penyelenggaraannya pun menunggu datangnya bisikan gaib!










Dari situs resmi Pariwisata Thailand, Kamis (9/8/2012) festival hantu Phi Ta Kon adalah agenda wisata tahunan di Dan Sai, Provinsi Loei, Thailand. Festival ini dirayakan 3 hari, sinkron dengan liburan umat Buddha yaitu Boon Phra Wate.


Pemerintah Thailand tidak menyebutkan tanggal pastinya, namun antara Maret sampai Juli setiap tahunnya. Mengapa demikian? Karena yang menentukan tanggalnya adalah paranormal desa yang harus menunggu kemasukan arwah dan lalu akan menyebutkan kapan festival digelar. Serius!

Dalam sejarahnya, festival ini digelar untuk menyambut Pangeran Vessandorn yang dianggap reinkarnasi Buddha. Semua orang begitu bergembiranya sampai mereka yang sudah meninggal bangkit kembali. Orang-orang yang sudah meninggal itu lantas ikut bersuka ria di dalam festival.





Oleh karena itu, dalam hari pertama festival Phi Ta Khon menampilkan orang-orang yang berkostum hantu, memakai topeng kayu berukiran wajah nan seram. Mereka lantas menari-nari di dalam festival.


Hari kedua festival sudah lebih tenang. Warga desa pergi ke kuil untuk beribadat, namun suasana tetap seru. Ada permainan kembang api, lomba menari, topeng dan kostum. Di hari terakhir, warga desa ke kuil untuk menghormati Buddha, lantas warga bersilaturahmi dengan para bhiksu.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...