Sabtu, 18 Februari 2012

Kumpulan Rasi Bintang Modern Yang Harus Kamu Ketahui

posted by: Dunia Andromeda

1.Andromeda
Andromeda (IPA: /andromede/) adalah suatu rasi bintang yang melambangkan putri Andromeda, di langit utara dekat Pegasus. Rasi ini cukup panjang dan redup, membentuk huruf "A". Rasi ini terkenal dengan Galaksi Andromedanya.

2. Antlia
Rasi bintang Antlia (kata Latin untuk pompa) adalah suatu rasi bintang yang relatif baru dan dibentuk pada abad ke-18. IAU mengakuinya sebagai salah sati dari 88 rasi bintang modern. Mulai dari utara, Antlia dikelilingi olehHydra sang monster laut, Pyxis yang merupakan sebuah kompas, Vela yang merupakan layar dari kapal mitologi Argo dan Centaurus.

3. Apus
Apus (cendrawasih adalah suatu rasi bintang redup di belahan selatan. Pertama kali ditemukan dalam Uranometria yang ditulis oleh Johann Bayer, tetapi mungkin sudah dipakai untuk navigasi sebelumnya.

4. Aquarius
Aquarius, atau pembawa air, adalah salah satu dari 88 rasi bintang di langit.

5. Aquila
Aquila adalah salah satu dari 48 rasi bintang yang didaftar oleh Ptolemy dan sekarang juga bagian dari 88 rasi yang diakui oleh IAU.

6. Ara
Ara (Altar) adalah suatu rasi bintang di selatan yang berada di antara rasi bintang Centaurus dan Lupus. Ara adalah sejenis pohon fikus yang banyak sekali jenisnya. Tumbuh ditepi sungai.

7. Aries
Aries adalah salah satu dari rasi bintang zodiak, sang domba. Rasi ini berada antara Pisces di sebelah barat dan Taurus di sebelah timur.

8. Auriga
Auriga adalah suatu rasi bintang di belahan utara. Rasi ini adalah satu dari 48 rasi yang didaftar oleh Ptolemy, dan juga satu dari 88 rasi bintang modern. Bintang tercerahnya adalah Capella, yang dihubungkan dengan Amalthea. Tiga bintangnya, Epsilon, Zeta dan Eta Aurigae disebut "Anak-anak".

9. Bootes
Boötes, "Sang Penggembala", adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern dan juga satu dari 48 rasi bintang yang didaftar oleh Claudius Ptolemaeus. Dalam rasi ini terdapat bintang tercerah keempat di langit malam, Arcturus.

10. Caelum
Caelum (pahat) adalah suatu rasi bintang kecil di belahan selatan yang diperkenalkan oleh Nicolas Louis de Lacaille.

11. Camelopardalis
Camelopardalis (berarti "seekor jerapah") adalah suatu rasi bintang di belahan utara yang besar, tetapi redup, pertama dicatat oleh Jakob Bartsch pada tahun 1624, tetapi mungkin ditemukan lebih awal oleh Petrus Plancius.

12. Cancer
Dalam astronomi dan astrologi, Cancer, kepiting, adalah salah satu dari 12 rasi bintang zodiak. Cancer berukuran kecil dan redup, dan banyak orang menganggap rasi ini tidak menyerupai kepiting. Rasi ini berada di antara Gemini di sebelah barat dan Leo di sebelah timur, Lynx di sebelah utara serta Canis Minor dan Hydra di sebelah selatan.

13. Canes Venatici
Canes Venatici (anjing pemburu) adalah suatu rasi bintang kecil di utara, yang diperkenalkan oleh Johannes Hevelius pada abad ke-17. Rasi ini melambangkan anjing Chara dan Asterion yang dibawa dan dikendalikan oleh Boötes.

14. Canis Major
Canis Major (anjing besar) adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern, dan juga dalam daftar 48 rasi buatan Ptolemaeus. Rasi ini terletak di sebelah tenggara Orion, dilalui oleh perpanjangan bidang Tropic of Capricorn di langit, dan pita Bima Sakti di ujung timurnya. Rasi ini melambangkan salah satu anjing yang mengikuti Orion sang pemburu (lihat juga rasi bintang Orion, Canis Minor, dan Canes Venatici).

15. Canis Minor
Canis Minor (anjing kecil) adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern, dan juga dalam daftar 48 rasi Ptolemy. Rasi ini melambangkan salah satu anjing yang mengikuti Orion sang pemburu.

16. Capricornus
Capricornus adalah salah satu dari rasi bintang zodiak. Biasanya dikenal sebagai Capricorn, khususnya dalam astrologi. Rasi ini melambangkan kambing bertanduk, sekalipun kadang banyak yang menyebutnya kambing laut. Capricornus adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern, dan juga satu dari 48 rasi bintang yang didaftar oleh Ptolemy. Dalam batas rasi bintang modern, rasi ini dikelilingi oleh Aquila, Sagittarius, Microscopium, Piscis Austrinus dan Aquarius.

17.Carina 
Carina (IPA/kəˈriːnə/lunas kapal), adalah suatu rasi bintang di belahan selatan yang merupakan bagian dari rasi lama Argo Navis. Di dalam rasi ini terdapat Canopusbintang tercerah kedua di langit malam, dan bintang mahapadat Eta Carinae yang merupakan sumber dari Nebula Eta Carinae (NGC 3372).

18.Cassiopeia 
Cassiopeia adalah suatu rasi bintang di belahan utara yang melambangkan ratu legenda dari EthiopiaCassiopeia, yang merupakan istri dari Cepheus dan ibu dari Andromeda. Rasi ini adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern, dan juga satu dari 48 yang didaftar oleh Ptolemy.

19.Centaurus
Centaurus adalah satu dari 48 rasi bintang yang didaftar oleh Ptolemeus, dan juga termasuk dalam 88 rasi bintang modern. Dalam tradisi Jawa rasi ini dikenal sebagai Wulanjarngirim.

20.Cepheus
Cepheus adalah suatu rasi bintang di belahan utara yang melambangkan raja legendaris di Ethiopia, yang juga merupakan istri dari Cassiopeia dan ayah dari Andromeda. Rasi ini adalah salah satu dari 88 rasi bintang modern, dan juga satu dari 48 rasi yang didaftar oleh Ptolemy.

21.Cetus
Cetus (Ikan Paus atau Monster Laut) adalah suatu rasi bintang di langit selatan, pada daerah yang dikenal sebagai Air, dekat rasi bintang yang berhubungan dengan air seperti AquariusPisces, dan Eridanus.

22.Chamaeleon
Chamaeleon adalah sebuah rasi bintang (rasi bintang) kecil di langit selatan. Konstelasi ini dinamakan atas bunglon (bahasa Inggris:Chameleon), sejenis reptilia. Di Australia, rasi bintang ini kadang disebut "Panci Penggorengan"
Chamaeleon adalah satu dari dua belas rasi bintang yang diciptakan oleh Petrus Plancius dari observasi dari Pieter Dirkszoon Keyser danFrederick de Houtman. Rasi bintang ini muncul pertama kali di sebuah globe luar angkasa yang dipublikasikan pada 1597 (atau 1598) oleh Plancius dan Jodocus Hondius. Penampakan pertama kali rasi ini di sebuah atlas luar angkasa adalah di buku Uranometria karya Johann Bayer pada tahun 1603.
Pada tahun 1999, sebuah kluster terbuka ditemukan dekat bintang η Chamaeleontis. Kluster ini, disebut juga kluster Eta Chamaeleontis atau Mamajek 1, berusia 8 juta tahun, dan berjarak 316 tahun cahaya dari Bumi.
Konstelasi ini berisi beberapa awan molekuler (Awan Gelap Chamaeleon) yang membentuk bintang-bintang bermassa rendah T Tauri. Kompleks awan ini berjarak sekitar 400 hingga 600 tahun cahaya dari Bumi, dan berisi puluhan ribu gas dan debu. Kluster yang paling jelas terlihat dari kompleks T Tauri dan bintang-bintang bertipe B di rasi bintang ini berada di Awan Chamaeleon I, dan bersangkutan dengan nebula refleksi IC 2631.

23.Circinus
Konstelasi Circinus adalah sebuah rasi bintang kecil di langit selatan, pertama kali didefinisikan pada abad ke-18. Circinus adalah bahasa Latin dari jangka.
Circinus diperkenalkan pada abad ke-18 oleh Nicolas Louis de Lacaille.Circinus terletak pada deklinasi −50 hingga −60 derajat, sehingga seluruh bagian rasi bintang hanya terlihat secara penuh di selatan 30lintang utara.

24.Columba
Columba adalah sebuah rasi bintang kecil dan redup yang terletak di sebelah selatan Canis Major dan Lepus. Columba merupakan bahasa Latin untuk merpati.
Columba diperkenalkan oleh seorang astronom Belanda Petrus Plancius pada tahun 1592 untuk memisahkan bintang-bintang yang 'tidak terpakai' pada rasi bintang Canis Major. Plancius pertama kali menggambarkan Columba pada sebuah peta bintang yang terdapat pada peta dinding buatannya pada tahun 1592. Rasi ini juga muncul pada peta dunia buatannya pada tahun 1594 dan pada beberapa bola langit buatan Belanda.
Plancius pada mulanya menamai rasi bintang ini Columba Noachi ("Merpati Nuh"), mengacu pada merpati yang memperingatkan Nabi Nuh akan datangnya banjir besar. Nama tersebut dipakai pada peta bintang dan bola langit pada awal abad ke-17 (misal Uranometria buatanJohann Bayer pada tahun 1603.
Rasi Columba tidak terlalu menonjol, bintang yang paling terang adalah α Columbae dengan magnitudo 2.65m. α Columbae dikenal dengan Phact, yang berasal dari Bahasa Arab Al-Fakhita yang berarti 'merpati'. Bintang lain yang dinamai adalah β Columbae, yang mempunyai nama Wazn atau Wezn, dari bahasa Arab untuk pemberat.
Rasi ini memiliki bintang runaway μ Columbae, yang kemungkinan tersingkir dari sistem ι Orionis

25.Coma Berenices 
Coma Berenices (Rambut Berenice) adalah suatu perbintangan tradisional yang kemudian menjadi rasi bintang. Rasi ini terletak dekat dengan Leo.

26.Corona Australis
Corona Australis atau Corona Austrina adalah sebuah rasi bintang pada langit selatan. Corona Australis berarti mahkota selatan, berkebalikan dengan Corona Borealis, yang merupakan mahkota utara. Corona Australis merupakan salah satu dari 48 rasi bintang yang didaftar oleh Ptolemy, dan tetap menjadi salah satu dari 88 rasi bintang modern.
Satu-satunya bintang yang dinamai dalam rasi bintang adalah Alfecca Meridiana, atau Alpha CrA. Nama tersebut menggabungkan namaArab dari rasi bintang dengan bahasa Latin untuk 'tengah'.
Pada rasi bintang ini terdapat RX J1856.5-3754, salah satu bintang neutron terisolasi yang cukup dekat dengan bumi pada sekitar 200 tahun cahaya dan diduga merupakan sebuah bintang quark.

27.Corona Borealis
Corona Borealis adalah sebuah rasi bintang berukuran kecil di langit bagian utara. Namanya adalah bahasa Latin untuk "mahkota utara", yang terinspirasi dari formasinya; bintang utamanya membentuk busur setengah lingkaran. Ini adalah salah satu dari 48 rasi bintang yang diperkenalkan oleh astronom abad kedua, Ptolemy, dan tetap menjadi anggota 88 rasi bintang modern.

28.Corvus
Corvus (Latin - burung gagak) adalah suatu rasi bintang kecil di belahan selatan dengan hanya 11 bintang yang tampak oleh mata telanjang (lebih terang dari magnitudo 5.5). Rasi ini adalah satu dari 48 rasi yang didaftar oleh Ptolemy, dan juga dalam 88 rasi bintang modern.teriakan sang burung gagak terdengar seperti 'Cras! Cras!' oleh bangsa Latin dan mereka mengira, artinya adalah "besok, besok".

29.Crater
Crater adalah sebuah rasi bintang yang terletak pada langit bagian selatan. Namanya adalah bahasa Latin dari cangkir, dan dalam mitologi Yunani dikenal sebagai cangkir dari dewa Apollo. Ini merupakan salah satu dari 48 rasi bintang yang dikenalkan oleh Ptolemy, dan tetap menjadi anggota 88 rasi bintang modern. Rasi ini sangat redup, tidak ada bintang yang lebih terang dari magnitudo 4.

30.Crux
Crux (Bahasa Latinsalib), yang umumnya dikenal sebagai Salib Selatan (Southern Cross - berlawanan dengan Cygnus/Salib Utara), adalah rasi bintang terkecil di antara 88 rasi bintang modern, tetapi juga salah satu yang paling dikenal. Ketiga sisi rasi ini dikelilingi olehCentaurus dan di sebelah selatannya terdapat Musca, sang lalat. Orang Jawa mengenal rasi ini sebagai Gubug pèncèng ("gubuk miring") atau Lumbung.

31.Cygnus
Cygnus (angsa) adalah suatu rasi bintang di belahan utara. Rasi ini juga salah satu dari 48 rasi bintang Ptolemy, dan juga satu daru 88 rasi bintang modern. Karena pola dari bintang utamanya, rasi ini kadang dikenal sebagai Salib Utara (lawan dari Salib Selatan).

32.Delphinus
Delphinus adalah sebuah rasi bintang yang terletak di belahan langit utara, dekat dengan ekuator langit. Namanya merupakan bahasa Latin untuk lumba-lumba. Delphinus termasuk rasi bintang yang kecil, menduduki peringkat ke 69 dari 88 rasi bintang modern. Delphinus pertama kali dikenalkan oleh Ptolemy.

33.Dorado
Dorado adalah sebuah rasi bintang yang terletak di belahan selatan langit. Rasi bintang ini diberi nama pada akhir abad ke 16, dan sekarang masuk dalam daftar 88 rasi bintang moderen. Nama Dorado diambil dari bahasa Spanyol yang berarti ikan lumba-lumba, walaupun kadang rasi bintang ini digambarkan sebagai ikan todak.

34.Draco
Draco adalah sebuah rasi bintang (rasi bintang) di langit utara jauh. Namanya adalah bahasa Latin untuk naga. Draco tidak pernah tenggelam dari horizon karena ia berada di hemisfer utara. Draco adalah salah satu dari 48 rasi bintang yang ditemukan oleh antariksawan abad ke-2 Ptolemius, dan hingga sekarang tetap menjadi salah satu dari 88 rasi bintang modern.Draco adalah salah satu rasi bintang yang paling lama diketahui; dalam salah satu catatan astronomi kuno, bangsa Mesir kunomenamakannya sebagai bintang Tawaret, dewi dari langit utara di daftar Dewa-Dewi mereka. Dianggap selalu ada karena rasi bintang ini tidak pernah terbenam, Draco digambarkan sebagai seorang Dewi yang setia dan protektif yang tubuhnya adalah campuran buaya, manusia, singa betina, dan kuda nil.
Bangsa Yunani menamakannya Draco sang naga. Dalam salah satu mitos Eropa yang lebih terkenal, Draco mewakili Ladon, dan naga ini digambarkan memiliki seratus kepala yang menjaga apel emas milik Hesperides. Anggota kesebelas dari Kedua Belas Pekerja Heracles mencoba mencuri apel-apel ini. Mereka menidurkan Ladon dengan musik, lalu mengambil apelnya. Menurut legenda, Dewi Hera lalu naik ke langit dan mengabadikannya sebagai rasi bintang Draco.Bangsa Arab tidak melihatnya sebagai sebuah naga, namun sebagai sebuah pola bintang yang dinamakan Ibu Unta

35.Equuleus
Equuleus adalah sebuah rasi bintang. Namanya berasal dari bahasa Latin untuk anak kuda. Rasi ini merupakan salah satu dari 48 rasi bintang yang diperkenalkan oleh Ptolemy, dan tetap menjadi anggota 88 rasi bintang modern. Rasi ini merupakan rasi terkecil kedua setelah Crux, dengan luas hanya 72 derajat persegi. Rasi ini juga sangat redup, dan tidak memiliki bintang yang lebih terang dari magnitudo empat.

36.Eridanus
Eridanus adalah sebuah rasi bintang yang melambangkan sebuah sungaieridanus adalah bahasa Yunani untuk Sungai Po. Rasi ini merupakan salah satu dari 48 rasi yang diperkenalkan oleh Ptolemy, dan tetap menjadi anggota 88 rasi bintang modern. Rasi ini adalah rasi dengan luas terbesar keenam.Pada ujung selatan rasi bintang terdapat bintang Achernar dengan magnitudo pertama. Achernar adalah bintang yang sangat unik karena merupakan salah satu bintang paling lonjong. Pengamatan menunjukkan bahwa jari-jari antar ekuator kira-kira 50% lebih panjang dari jari-jari antar kutubnya. Distorsi ini terjadi karena bintang tersebut berputar sangat cepat.Bintang lain di Eridanus yang terkenal adalah Epsilon Eridani, yang sangat populer pada fiksi ilmiah karena letaknya yang relatif dekat dengan bumi dan karakteristiknya yang mirip dengan matahari. Bintang ini juga diketahui setidaknya memiliki sebuah planet luar surya, yang diperkiran merupakan sebuah raksasa gas yang mirip dengan Jupiter.

37.Fornax
Fornax adalah sebuah rasi bintang yang terletak di belahan langit selatan. Namanya merupakan bahasa Latin untuk tungku. Rasi ini diperkenalkan pada abad ke-18 dan sekarang menjadi anggota 88 rasi bintang modern.Fornax diperkenalkan oleh Nicolas Louis de Lacaille pada tahun 1756. Beliau pada mulanya menamakan rasi ini Fornax Chemica ("tungku kimia"), mewakili pemanas kecil yang digunakan untuk memanaskan bahan kimia.

38.Gemini
Gemini (si kembar) adalah salah satu dari rasi bintang zodiak. Rasi ini adalah bagian dari langit musim dingin, berada antara Taurus di sebelah barat dan Cancer yang redup di sebelah timur, dengan Auriga dan Lynx yang hampir tak kelihatan di sebelah utara, serta Monoceros dan Canis Minor di sebelah selatan.Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Gemini, terlahir pada 21 Mei hingga 21 Juni, ketika matahari ada pada bintang Gemini.


39.Grus
Grus atau colloquially adalah rasi bintang di belahan langit selatan. Nama Grus diambil dari bahasa Latin untuk Burung jenjang. Rasi bintang ini diperkenalkan pertama kali pada abad ke enam belas.Pada awalnya, bintang-bintang yang ada di rasi bintang ini dianggap sebagai bagian dari Piscis Austrinus (ikan dari selatan), sebelum akhirnya di pisahkan kedalam rasi bintang tersendiri oleh Petrus Plancius, seseorang yang mencetuskan dua bela rasi binang baru berdasarkan pengamatan Pieter Dirkszoon Keyser dan Frederick de Houtman.Nama lain rasi bintang ini adalah Phoenicopterus (Bahasa latin untuk flamingo). Nama ini cukup umum digunakan pada awal abad ke 17.

40.Hercules
Rasi bintang ini diberi nama dari versi Romawi dari pahlawan mitologi Yunani HeraclesHercules adalah rasi bintang terbesar ke-5.

41.Horologium
Horologium adalah rasi bintang yang redup, terletak di belahan langit selatan, dengan deklinasi sekitar -60 derajat. Nama Horologium diambil dari bahasa Latin yang berarti jam

42.Hydra
Hidra (bahasa YunaniὝδρα) merupakan seekor Drakon dalam mitologi YunaniMonster ini berbentuk ular atau naga yang memiliki sembilan buah kepala. Setiap salah satu kepalanya dipotong, maka kepala tersebut akan tumbuh/membentuk satu atau dua buah kepala yang baru. Hidra juga memiliki napas dan darah yang beracun.Hidra bersarang di danau Lerna Di Argolid, karena itu makhluk ini disebut juga Hidra Lerna(YunaniΛερναία Ὕδρα). Tempat tersebut juga merupakan salah satu jalur masuk menuju dunia bawah. Hidra merupakan keturunan Tifon dan Ekhidna. Hidra dikalahkah oleh Herakles.
Setelah membunuh Singa Nemea, tugas kedua yang diberikan pada Herakles oleh Euristheus adalah membunuh Hidra. Hidra keluar dari sarangnya hanya untuk meneror pemukiman penduduk di sekitarnya. Setelah tiba di sarang Hidra, yakni rawa-rawa dekat danau Lerna, Herakles menutupi mulut dan hidungnya dengan kain untuk melindungi dari asap beracun. Herakles memanah sarang Hidra dengan panah api. Herakles lalu menghadapai Hidra dengan bersenjatakan sabit (menurut lukisan vas awal), sebilah pedang atau sebuah pemukul. Namun setiap kali Herakles memotong salah satu kepala Hidra, dua kepala lainnya akan tumbuh lagi. Herakles lalu menyadari bahwa Hidra memiliki satu kepala yang abadi.
Herakles tahu bahwa dia tak akan bisa mengalahkan Hidra sendirian, maka dia pun meminta bantuan pada keponakannya Iolaos. Iolaos mendapatkan ide (kemungkinan dari dewi Athena) bahwa mereka harus menggunakan obor untuk membakar leher Hidra yang baru saja terpotong. Dengan cara tersebut kepala Hidra tidak tumbuh lagi.Dalam versi lainnya, setelah memotong setiap kepala, Herakles mencelupkan pedangnya pada darah dan menggunakannya untuk membakar setiap leher sehingga kepala Hidra tidak tumbuh lagi. Melihat keadaan tersebut, Hera mengirim seekor kepiting raksasa untuk mengalihakn perhatian Herakles. Kepiting tersebut akhirnya mati diinjak oleh Herakles dan sang pahlawan pun kembali menghadapi Hidra. Setelah semua kepalanya yang tak abadi dipotong, Herakles memotong kepala abadi Hidra dan menguburnya di bawah sebuah batu besar di jalan antara Lerna dan Elaios
Sebelum pergi, Herakles terlebih dahulu mencelupkan semua panahnya ke dalam darah Hidra sehingga kini semua panahnya beracun. Hera lalu menempatkan Hidra dan kepitng raksasa di angkasa sebagai rasi bintang Hydra dan Cancer. Setelah menjalankan tugasnya, Herakles kembali pada Euristheus namun ternyata Euristheus menolak penyelesaian tersebut karena menurutnya Herakels dibantu oleh Iolaos sehingga tugas tersebut menjadi tidak sah dan jumlah tugas Herakels masih tetap sembilan.
Herakles nantinya menggunakan panah beracun Hidra untuk membunuh Nessos, seorang Kentaur yang mencoba memperkosa Deianeira, istri Herakles. Darah beracun Hidra kemudian menginfeksi darah Nessos yang pada gilirannya ikut meracuni pakaian yang kelak akan dipakai oleh Herakles dan akhirnya membunuh sang pahlawan.
Strabo dan Pausanias melaporkan bahwa bau busuk di sungai Anigros di Elis, yang menyebabkan ikan-ikan di sana tidak dapat dimakan, diduga disebabkan oleh darah beracun Hidra yang berasal dari panah yang digunakan oleh Herakles untuk membunuh Nessos

43.Hydrus 


44.Indus
45.Lacerta
46.Leo
47.Leo Minor
48.Lepus
49.Libra
50.Lupus
51.Lynx
52.Lyra
53.Mensa
54.Microscopium
55.Monoceros
56.Musca
57.Norma
58.Octans
59.Ophiuchus
60.Orion
61.Pavo
62.Pegasus
63.Perseus
64.Phoenix
65.Pictor
66.Pisces
67.Piscis Austrinus
68.Puppis
69.Pyxis
70.Reticulum
71.Sagitta
72.Sagittarius
73.Scorpius
74.Sculptor
75.Scutum
76.Serpens
77.Sextans
78.Taurus
79.Telescopium
80.Triangulum
81.Triangulum Australe
82.Tucana
83.Ursa Major
84.Ursa Minor
85.Virgo
86.Vela
87.Volans
88.Vulpecula


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...