Selasa, 28 Februari 2012

10 Mobil Khusus Kepresidenan Amerika Serikat

posted by: Dunia Andromeda
Cadillac Limo One

Cadillac Limo One
Apa yang terpikir di benak kita ketika mendengar kata “Cadillac”? Kebanyakan dari kita mungkin akan berpikir bahwa itu adalah salah satu dari merk mobil ternama asal Amerika. Ya, memang benar. Cadillac adalah sebuah nama yang telah mempunyai reputasi di bidang otomotif, khususnya mobil. Semua produk yang berlabel Cadillac, bisa dipastikan adalah mobil-mobil mewah dengan berbagai jenis keunggulannya.

Berkat segala keunggulannya serta kemewahan dari fasilitas-fasilitas yang disediakan, Cadillac pun akhirnya dijadikan sebagai mobil resmi untuk para presiden Amerika Serikat. Tentu, mobil Cadillac tersebut telah dimodifikasi dan dilengkapi oleh berbagai hal yang tidak bisa kita temui di mobil-mobil Cadillac lainnya. Cadillac tersebut juga mempunyai sebutan spesial, yaitu “Limo One”.

Lalu, mobil Cadillac jenis apa saja yang telah digunakan oleh para presiden Amerika Serikat? Oktomagazine berhasil mengumpulkan sembilan varian mobil Cadillac yang sempat digunakan oleh para presiden Amerika Serikat. Berikut adalah daftar kesembilan Limo One tersebut.

Series 53, 1916 Cadillac


Ini adalah seri Cadillac yang pernah digunakan oleh Presiden Woodrow Wilson saat Amerika tengah mengadakan parade kemenangan pada tahun 1919, seusai memenangkan Perang Dunia I. Cadillac ini digunakan karena mempunyai kekuatan pada mesin V8-nya.




Series 341, Alavish 1928 Cadillac


Cadillac ini digunakan oleh Presiden Calvin Coolidge. Mobil ini mempunyai kekuatan 90 horsepower di mesin V8-nya dengan enggunakan transmisi manual dengan 3 speed. Mobil ini dibuat dengan teknik handmade di hampir seluruh bagiannya.

1928 Cadillac (Armored)


Franklin D. Roosevelt menggunakan mobil khusus yang dirancang dengan berbagai perlengkapan khusus. Cadillac tersebut dilengkapi oleh, pintu yang berlapis metal dan jendela anti peluru, ban yang tidak dapat ditembus tembakan senjata api, dan sebuah laci yang berisi sub-machine gun. Istimewanya, mobil ini awalnya adalah milik mafia terkenal, Al Capone.


“Queen Mary” dan “Queen Elizabeth” 1938 Cadillac


Mobil ini tidak mempunyai nomor serial resmi. Pemerintah Amerika Serikat hanya memberikan julukan kepada dua mobil tersebut yang diambil dari nama dua buah kapal laut ternama pada saat itu. Mobil ini digunakan oleh Franklin D. Roosevelt, Harry S. Truman dan Dwight D. Eisenhower.


Cadillac Eldorado


Mobil ini diproduksi dan digunakan pertama kali oleh Presiden Eisenhower. Ia menggunakannya pada tahun 1953 saat melakukan parade setelah dirinya terpilih menjadi presiden Amerika. Cadillac Eldorado sendiri menjadi salah satu rancangan mobil dengan nilai tertinggi dalam sejarah.


“Queen Mary II” dan “Queen Elizabeth II” Cadillac


Digunakan oleh Presiden Eisenhower pada tahun 1956 dan kembali dikendarai oleh John F. Kennedy serta Lyndon B. Johnson, dua Cadillac convertible tersebut menggantikan dua varian awalnya. Namun, dua kendaraan tersebut harus dipensiunkan pada tahun 1968.


1983 Cadillac Fleetwood (Limousine)


Ronald W. Reagan adalah presiden Amerika yang menggunakan Limo One keluaran tahun 1983 tersebut. Mobil ini juga menjadi bintang dalam film “In The Line of Fire” yang dibintangi oleh aktor film aksi, Clint Eastwood.


Cadillac modified (1993 Cadillac Fleetwood Brougham)


Pada tahun 1993, Cadillac memulai sebuah era baru. Saat Amerika berada di bawah rezim William J. Clinton alias Bill Clinton. Di era tersebut, mobil Cadillac dimodifikasi oleh perusahaan pembuat limousine. Secara resmi, Cadillac tersebut diberi nama Cadillac Fleetwood Brougham dengan spesifikasi yang sangat detil dan tingkat keamanan yang tinggi.


Cadillac One


Saat ini, Cadillac telah berevolusi menjadi salah satu mobil terhebat dalam hal keamanan. Mobil yang khusus dibangun untuk Presiden Barrack Obama tersebut mempunyai desain khusus dan elemen-elemen teknis yang dipersiapkan secara detil. Banyak surat kabar yang menjelaskan berbagai keunggulan dari mobil ini. Namun, keunggulan tersebut hanya sebatas spekulasi, karena mobil ini mempunyai spesifikasi yang sangat dirahasiakan demi keselamatan sang presiden.

(egmcartech.com/ andreas@oktomagazine.com)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...