Jumat, 20 Januari 2012

Karena Kotoran Kambing Jadi Milyarder

posted by: Dunia Andromeda
Pagi itu Jambrong lagi duduk di teras rumah. Hembusan asap rokok dari mulutnya serta wangi kopi yang masih mengepul tercium dalam jarak dua meter. Di tangannya ada handphone keluaran terbaru. Dan kelihatannya Mbah Jambrong lagi sibuk sms-an.

Tiba-tiba datang seorang tamu. Seorang lelaki yang jika ditilik dari usianya masih 30 tahunan. 


“Ah yang ditunggu-tunggu sudah datang ternyata. Ayo sini Bahlul masuk”, Mbah Jambrong melambaikan tangannya. 

Orang itu yang emang bernama Bahlul terkaget-kaget. “Ternyata gak salah nih si Panjul ngasih unjuk ke ni dukun, ternyata dia emang sakti. Belum gue sebut nama aja, dia udah tau” gumamnya dalam hati sambil masuk ke teras dan duduk di depan Mbah Jambrong. 

“Ng…. gini mbah….” Si Bahlul sepertinya dia ragu untuk mengutarakan maksudnya kesitu. 

“Ah ngomong aja susah. Gue udah tahu maksud lo kedatangan kesini”, potong Mbah Jambrong. 

“Betulkah mbah?”, Si Bahlul menatap Mbah Jambrong setengah tak percaya 

“Jangan sebut gue dukun kalo gue ga tau maksud kedatangan lo kesini. Maksud lo kesini kan pengen minta jimat agar usaha lo bisa maju karena selama ini ga maju-maju kan?” 

“I…i..yah Mbah. Saya mohon petunjuk dan pegangan Mbah”, ucapnya tergagap. Di hatinya semakin kagum akan ilmu Mbah Jambrong, hingga menambah keyakinannya kalo dia tidak salah datang ke sini. 

“Tapi lo dah tahu syaratnya?”, mata Mbah Jambrong melihat ke arah tas yang dibawa si Bahlul. 

“Udah Mbah. Kata si Panjul tetangga saya, syaratnya mesti ngasih laptop, modem, voucher pulsa dan duit sejuta”, jawabnya sambil menyerahkan tas yang dia bawa dari tadi. Mbah Jambrong menerimanya dan membuka tas tersebut. 

Setelah Mbah Jambrong melihat isinya. “Nah karena syarat sudah lengkap. Gue kasih nih jimat pegangan, tapi lo dah tahu pantangannya?”, ucap Mbah Jambrong sambil menyerahkan bungkusan kain sekepalan tangan. 

“Belum. Apa pantrangannnya, Mbah?”, tukas si Bahlul Penasaran. 

“Selama 5 tahun lo jangan pernah lo buka tuh jimat atau coba-coba pengen mengetahui isinya. Kalo nggak……”, Mbah Jambrong diam sejenak sambil menghisap rokoknya. 

“ Kalo nggak gimana mbah?”, kejar si bahlul penasaran. 

“Kalo nggak lo bakal mati!”. Terkejut si Bahlul mendengarnya. 

“Baik, baik mbah. Saya bakal ikut kata-kata mbah”, dari roman mukanya keliatan kalo si Bahlul begitu ketakutan mendengar kata terakhir Mbah Jambrong tersebut. 


“Bagus, itu sarat pertama. Sarat kedua, lo hanya boleh makan sama tempe, tahu dan sayur tanpa daging. Dan sarat terakhir nanti jika sudah 5 tahun, lo harus balik ke sini untuk buka tuh jimat”.

“Siap mbah, 86”

“Nah udah beres. Sekarang lo pulang, gue mau nelpon orang”, ucap Mbah Jambrong sambil melambaikan tangan tanda mengusir. Namun si Bahlul diam aja, sepertinya dia pengen ngajuin pertanyaan namun ragu-ragu.

“Lah, lo mau apalagih?”, semprot Mbah Jambrong

“Ngga mbah. Cuman cucu penasaran, itu laptop sama modem buat apa yah?”

” Ya buat browsing ama ceting lah. Oon dipiara. Sudah sana pulang”, mata mbah jambrong melotot.

Si Bahlul sambil manggut-manggut buru-baru pamit karena takut dimarahi lagi. Namun dalam hatinya ada perasaan gembira karena dirinya bakal kaya. Karena jimat dari dukun sakti itu pasti berkhasiat. Dukun yang belom apa-apa sudah tau nama dan maksud keperluannya tanpa sempat dia ngasih tahu.

Setelah si Bahlul pergi, Mbah Jambrong ngambil handphonenya. Dan menelepon seseorang, terdengar suaranya sambil ketawa-ketawa “Panjul, makasih ye atas informasi si Bahlul ntu. Ntar jatah lo gue transfer ke rekening lo”.

Dan ternyata selama 5 tahun. Usaha si Bahlul meningkat semakin pesat, dia sekarang sudah menjadi milyader baru dimana perusahaannya ada dimana-mana.

Hari ini adalah genap lima tahun perjanjiannya dengan Mbah Jambrong. Mbah Jambrong siang itu lagi duduk di bale depan rumah sambil melototin laptopnya. Ketika ada mobil mewah masuk ke pekarangannya dia cuek aja seakan tak peduli.

“Siang Mbah”, terdengar suara seorang laki-laki. Mbah Jambrong yang lagi melototin laptop mengangkat mukanya ketika mendengar suara tersebut.

“Oh elu. Sini masuk, dari tadi udah gue tungguin. Lama bener”, sungutnya. Ternyata yang datang itu si Bahlul. Tanpa berkata-kata lagi si Bahlul duduk di bale-bale depan Mbah Jambrong karena dia tahu dukun tersebut sangat sakti hingga tanpa diberitahupun, dia sudah tahu akan kedatangannya.

“Mana jimatnya?”, ucapnya sambil menyorongkan tangannya ke si Bahlul.

“Ini mbah”, sambil menyodorkan bungkusan yang diterima dengan cepat oleh Mbah Jambrong. Kemudian dengan tanpa melihat isinya, Mbah Jambrong membuang bungkusan tersebut ke tong sampah.

“Mbah, kenapa dibuang?”, seru si Bahlul terbelalak tak percaya.

“Emang kenapa? Wong isinya kotoran kambing. Bikin bau aja, buat apa gue simpan”, balas Mbah Jambrong dengan cuek.

“Ah jangan becanda. Maksud mbah, bungkusan yang mbah kasih dulu itu isinya kotoran kambing, bukan jimat?”

”Lah Siapa yang becanda, tuh bungkusan emang isinya kotoran kambing”

“Tapi kenapa saya bisa berhasil dan kaya setelah mendapat bungkusan tersebut, mbah?”, kejar si Bahlul setengah tak percaya.

“Lo usaha keras ngga setelah gue kasih tuh jimat?”

“Iyah mbah”

“Lo, menghemat uang karena berpantrangan untuk tidak makan yang enak?”

“Iyah mbah”

“Lo percaya, bahwa lo bakal berhasil dengan usaha lo?”

“Iyah mbah”

“Nah itu yang bikin lo berhasil dan kaya. Jadi bukan jimat yang gue kasih yang bikin lo kaya. Itu hanya sugesti saja agar lo mau melakukan tiga hal tersebut. Ngarti?…. Nah sekarang lo pulang, ada tamu yang dari tadi ngeliat dan mendengar obrolan kita. Kayaknya dia pengen kaya juga kaya lo…gih sana.“, jawabnya enteng tanpa merasa bersalah.

Si bahlul akhirnya pulang sambil ngedumel. “Jadi selama ini gue diboongin ama dukun geblek. Gue nukerin laptop, modem, voucher, dan duit dengan sebungkus kotoran kambing… kampret.. kampret….”, 

Setelah kepergian si Bahlul Mbah Jambrong langsung buka laptopnya dan menatap ke layar laptop tersebut.


“Eh, kamu…. Kamu juga pengen kaya?? Udah tahu kan syaratnya? Mana Laptopnya??”
“Eh dodol. Gue ngomong sama lo yang lagi baca ini tulisan. Lo pengen kaya juga?? Dari tadi lo ngintipin obrolan gue sama si Bahlul, bintitan tau rasa lo. Lo pengen kaya juga. Mana laptopnya, lo kan dah tahu syaratnya?”
Hahahahaha 

Pengumuman : Bagi pembaca yang bingung mau hibahin, laptop dan modemnya, saya dengan senang hati menerimanya, biar bisa update blog dimana dan kapan aja nih… Biar tetap bisa baca duniaandromeda. he.he..


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...